Suami Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Depresi Pada Ibu Rumah Tangga yang Jarang Sekali Disadari

Sayangnya ciri-ciri depresi pada ibu rumah tangga ini jarang sekali diketahui. Untuk mencegah dampak yang lebih buruk, coba cek ulasan ini!

Memiliki peran sebagai ibu rumah tangga memang tidak mudah. Ada saja pemicu yang membuat emosi, bahkan depresi. Namun sayangnya, ciri-ciri depresi pada ibu rumah tangga ini jarang sekali diketahui. Sehingga membuat para ibu rumah tangga seolah selalu sendiri.

Menjadi ibu rumah tangga memang rentan sekali mengalami depresi. Terlebih jika dia tidak memiliki support system dan kerja sama yang seimbang dari suami untuk membuatnya selalu tegak berdiri. Padahal, peran serta seorang ibu rumah tangga sangat penting untuk membentuk keluarga yang ideal.

Nah, untuk mengatasi ibu rumah tangga mengalami depresi, berikut ini beberapa ciri-ciri depresi pada ibu rumah tangga yang sayangnya jarang sekali disadari. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Ibu rumah tangga yang mengalami depresi, biasanya sering sekali uring-uringan, mudah marah, dan tidak bisa mengontrol emosinya. Hal ini umumnya terjadi karena ibu rumah tangga sedang dalam kondisi yang tidak menyenangkan. Bisa jadi kelelahan atau memendam kesedihan. Karena tidak bisa diungkapkan, maka hal kecil yang seharusnya bisa diselesaikan baik-baik, maka bisa membuat emosinya meledak-ledak.

Ciri-ciri Depresi Pada Ibu Rumah Tangga (via Halodoc)

2. Pola Tidur yang Terganggu

Seorang ibu rumah tangga yang tengah depresi, bisa mengalami kesulitan tidur atau insomnia, dan tidur secara berlebihan atau hipersomnia. Kedua jenis masalah tidur ini merupakan ciri depresi yang umum terjadi di segala usia, terutama perempuan.

Ciri-ciri Depresi Pada Ibu Rumah Tangga (via Mother and Beyond)

3. Kecanduan Media Sosial

Terlalu sering menengok media sosial, bisa menjadi ciri orang tersebut sedang depresi. Hal ini biasanya dilakukan orang-orang yang mengalami depresi, untuk mengalihkan perhatian pada hal lain yang dia anggap lebih menarik dari pada kehidupannya di dunia nyata.

Ciri-ciri Depresi Pada Ibu Rumah Tangga (via Tips Pintar)

4. Sakit Punggung

Sakit punggung yang dialami ibu rumah tangga bukan hanya disebabkan karena dia kelelahan mengurus rumah, namun bisa menjadi ciri depresi pada ibu rumah tangga. Sebab ketika depresi, saraf-saraf menjadi ekstra sensitif yang mengakibatkan nyeri pada tubuh.

Ciri-ciri Depresi Pada Ibu Rumah Tangga (via Alodokter)

5. Gagal Menyelesaikan Pekerjaan

Ciri lain yang patut diwaspadai adalah kegagalan ibu rumah tangga menyelesaikan berbagai pekerjaan karena berbagai alasan. Pasalnya, kondisi ini membuat seseorang kehilangan konsentrasi sehingga sulit menyelesaikan berbagai tugas dengan baik, bahkan untuk hal yang terbilang mudah dan bisa cepat diselesaikan terkait pekerjaan maupun urusan rumah tangga.

Jika kamu merasa rumah tetap berantakan walau sudah bekerja keras, rasa lelah yang berlebihan, dan cenderung menghabiskan waktu dengan tidak produktif, maka waspadalah dengan depresi. Kondisi ini harus segera diatasi karena menumpuknya pekerjaan yang tak terselesaikan pada dasarnya akan memperparah tingkat depresi.

Nah, itu tadi beberapa ciri-ciri depresi pada ibu rumah tangga yang jarang sekali disadari. Untuk mencegah terjadi depresi pada ibu rumah tangga, tentunya peran suami sangat dibutuhkan sebagai support system terbaik istri.

Ciri-ciri Depresi Pada Ibu Rumah Tangga (via Hai Bunda)