Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Bahaya Sering Mengonsumsi Obat

Setiap orang wajib mengetahui bahaya sering mengonsumsi obat. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Setiap orang wajib mengetahui bahaya sering mengonsumsi obat  secara terus menerus. Pasalnya, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan obat dalam jangka panjang akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan. 

Ketika seseorang merasa sakit atau tidak enak badan, maka reflek mereka akan minum obat agar kondisi tubuhnya cepat membaik.  Hal tersebut tentu wajar, mengingat obat dianggap sebagai jalan keluar mudah dan cepat.

Minum obat memang bisa meredakan gangguan kesehatan. Namun jika terlalu sering dikonsumsi, terlebih tidak sesuai dosis, maka akan menimbulkan dampak yang buruk. Sebelum terlambat, yuk ketahui lebih jauh tentang bahaya terlalu sering mengonsumsi obat seperti yang dikutip dari Klikdokter. 

1. Menimbulkan Toleransi Obat

Toleransi obat merupakan kondisi ketika tubuh harus mengonsumsi obat dalam dosis tinggi untuk memperoleh efek yang diinginkan. Dan seseorang yang terlalu sering minum obat maka akan mengalami toleransi obat dalam dirinya.

Hal ini meruapkan penurunan respon tubuh terhadap obat yang dikonsumsi. Akibatnya, orang tersebut harus minum obat dengan dosis tinggi agar mampu melawan penyakitnya. Seiring terus meningkatnya dosis, kamu bisa mengalami  risiko overdosis yang mengancam nyawa. 

Bahaya Sering Mengonsumsi Obat (via Rakyat Merdeka)

2. Mengganggu Kesehatan Mental

Bahaya selanjutnya adalah obat yang terlalu sering diminum bisa mengganggu suasana hati. Gangguan jangka panjang dari overdosis obat adalah timbulnya gangguan psikologis yang berlangsung lama. Gangguan psikologis itu meliputi rasa cemas, depresi, jantung berdebar, dan mudah lupa.

Bahaya Sering Mengonsumsi Obat (via Halodoc)

3. Memperlambat Laju Pernapasan

Pernah mendengar obat Opioid? Obat ini digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Namun penyalahgunaan obat Opioid bisa mengakibatkan lambatnya laju pernapasan. Lebih parahnya lagi, laju pernapasan yang lambat bisa menyebabkan napas berhenti.

Dan tentu hal tersebut bisa mengakibatkan koma hingga kematian, karena kurangnya asupan oksigen ke otak. Dalam taraf yang lebih ringan, kondisi ini bisa menyebabkan penurunan kondisi tubuh.

Bahaya Sering Mengonsumsi Obat (via Halodoc)

4. Nyeri Pada Dada

Selain memperlambar laju pernapasan, terlalu sering minum obat juga bisa memperburuk penyakit kronis (jangka panjang) yang diidap sebelumnya. Bisa saja orang tersebut mengalami nyeri dada akibat kambuhnya asma. 

Gejala ini terjadi mungkin dikarenakan kerusakan jantung atau paru-paru. Kondisi ini akan terus memburuk jika dibiarkan. Namun jika kamu terus mengonsumsi obat untuk meredakan sakit, maka efek jangka panjang akan lebih buruk. 

Wah, ternyata bahaya sering mengonsumsi obat cukup mengerikan ya. Kalau sakit jangan sedikit-sedikit minum obat. Sebaiknya coba beberapa bahan herbal yang aman untuk kesehatan. Yuk mulai menerapkan pola hidup yang sehat dari sekarang!

Bahaya Sering Mengonsumsi Obat (via Halodoc)