5 Kebiasaan Sehari-hari untuk Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk yang Sedang Diet

Tahukah kamu bahwa ada kebiasaan sehari-hari untuk menurunkan berat badan? Agar lebih jelas, yuk simak ulasan berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ada kebiasaan sehari-hari untuk menurunkan berat badan? Beberapa hal yang kelihatannya sepele ternyata bisa mendukung pola hidup sehat sehingga berat badanmu kembali ideal.

Menjaga tubuh tetap aktif dengan berjalan kaki minimal 1000 langkah sehari, makan dalam porsi kecil, terbukti menjaga berat badanmu tidak melambung tinggi. Selain itu, terdapat beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu terapkan untuk menurunkan berat badan dan membantu program dietmu. Apa saja? Simak informasi berikut ini.

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Dengan mengonsumsi sarapan, kamu akan menunda rasa lapar hingga waktu makan siang datang. Dengan begitu kamu tidak perlu memakan camilan yang tinggi kalori. Selain itu, membiasakan diri untuk sarapan juga akan mencegah rasa lapar berlebihan di siang hari sehingga membantumu mengontrol diri.

Efeknya, kamu tidak akan mengonsumsi makan siang dengan porsi besar karena efek kelaparan. Meski demikian, pastikan kamu menyantap makanan yang benar-benar sehat saat pagi agar kamu tidak mudah tergoda untuk makan camilan terlalu banyak.

Kebiasaan Sehari-hari untuk Menurunkan Berat Badan (via Honest Docs)

2. Jalan Kaki Setiap Hari

Pola makan memang memegan peran penting dalam penurunan berat badan. Meski demikian, jangan lupa juga untuk selalu menggerakkan tubuh sehingga tetap aktif. Olahraga paling mudah dilakukan adalah jalan kaki. Pastikan kamu jalan kaki mencapai 1.000 langkah atau setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Dengan tetap aktif, makanan yang kamu konsumsi akan segera dicerna oleh tubuh. Sebaliknya jika tubuhmu tidak bergerak, makanan yang kamu konsumsi tidak tercerna dengan baik yang berakibat bertambahnya berat badan.

Kebiasaan Sehari-hari untuk Menurunkan Berat Badan (via CNN)

3. Minum Air Sebelum Makan

Minum 2 gelas air sebelum makan dapat membantumu menurunkan berat badan. Salah satu alasannya adalah kadang tubuh kita salah mengenali rasa haus sebagai rasa lapar. Dengan minum air terlebih dahulu, kamu cenderung tidak akan makan berlebihan.

Selain itu dengan air yang cukup, tubuh akan secara efisien mengubah karbohidrat menjadi energi. Ditambah lagi, konsumsi air yang cukup juga membuatmu tetap terhidrasi sehingga merasa segar dalam waktu lebih lama.

Kebiasaan Sehari-hari untuk Menurunkan Berat Badan (via Alodokter)

4. Makan dalam Porsi Kecil dan Perlahan

Untuk menurunkan berat badan, biasakan makan dengan piring atau mangkuk kecil. Kebiasaan ini dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, karena secara psikologis porsi sedikit yang kamu ambil sudah bisa memenuhi piring kecil yang kamu gunakan, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Selain makan dalam porsi kecil, biasakan juga makan dengan pelan. Menurut berbagai penelitian, kecepatan mengunyah juga bisa mempengaruhi berat badan. Makan dengan perlahan berfungsi untuk menurunkan berat badan karena tubuh bisa memiliki waktu untuk mengirim sinyal kenyang ke otak, sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

Kebiasaan Sehari-hari untuk Menurunkan Berat Badan (via Detik)

5. Jangan Makan Terlalu Malam

Kebiasaan lainnya untuk menurunkan berat badan adalah jangan makan terlalu malam. Usahakan makan malam terakhir adalah 3 jam sebelum tidur. Salah satu alasan jangan makan malam yang dekat dengan waktu tidur adalah karena kamu tidak berkesempatan untuk bergerak aktif membakar lemak.

Lemak berlebih yang tidak digunakan sebagai energi akan disimpan dalam tubuh dan berkontribusi pada pertambahan berat badanmu. Karenanya, jika kamu mengonsumsi makanan berlemak saat tubuh sedang off, maka zat tersebut takkan tercerna dengan maksimal.

Itulah 5 kebiasaan sehari-hari untuk menurunkan berat badan yang bisa membantu mengoptimalkan diet dan pola gaya hidup sehat. Terlihat sepele ya, namun jika kamu lakukan setiap hari secara konsisten, kebiasaan sederhana ini akan membawa dampak baik bagi tubuhmu.

Kebiasaan Sehari-hari untuk Menurunkan Berat Badan (via Alodokter)