7 Jajanan Khas Sunda Berawalan Ci- Selain Cilok Dan Cireng, Sudah Pernah Coba Semua Belum?

7 Jajanan khas Sunda berawalan Ci- selain cilok dan cireng, mulai dari cimol hingga cibay.

Berikut jajanan khas Sunda berawalan ci-. Mungkin banyak dari kamu yang sudah akrab dengan makanan cilok dan cireng. Dua jajanan tersebut merupakan hasil kreasi yang terbuat dari tepung tapioka atau yang juga dikenal dengan tepung aci dalam bahasa Sunda.

Tepung aci merupakan produk olahan dari akar ubi kayu (cassava) dan jadi salah satu tepung yang paling sering digunakan. Di Tanah Jawa Barat, tepung aci mampu diolah menjadi beraneka macam olahan kuliner yang menggugah selera seperti cilok dan cireng.

Nama aci juga disematkan dalam makanan-makanan tersebut, seperti cilok yang berarti aci dicolok lalu ada cireng yang memiliki arti aci digoreng. Namun selain dua jajanan itu, masih ada sejumlah jajanan khas Sunda berawalan ci-. Apa saja makanan itu? Berikut yang dirangkum.

Cimol

Jajanan khas Sunda atau Jawa Barat ini sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Cimol atau aci digemol lahir di tahun 1998-an. Cimol terbuat dari tepung tapioka saja. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyeduh adonan dengan air panas. Kemudian diaduk (diuleni) sampai kalis. 

Air panas inilah yang membuat adonan cimol tidak meledak ketika digoreng. Berbeda dari cilok yang punya isi, kebanyakan Cimol tidak diberi isian apapun. Harga cimol pun lebih murah lagi ketimbang cilok. Untuk menambah rasa, cimol biasanya diberi bumbu-bumbu seperti bubuk cabai, bubuk keju hingga bubuk balado.

Jajanan Awalan Ci – Cimol (Endeus.TV)

Cilor

Cilor atau aci telor kemunculannya terbilang baru. Cilor hadir dari inovasi para pedagang jajanan anak SD yang sering dibilang kalau makanan buatan mereka kurang sehat karena tidak bernutrisi. Alhasil, mereka menggunakan tambahan telur untuk menambah gizinya. Jajanan ini sekarang tidak hanya diburu anak-anak tapi juga orang dewasa.

Jajanan Awalan Ci – Cilor (Detikcom)

Cimin

Jajanan khas Sunda satu ini juga masih baru. Cimin atau aci mini dibuat dari tepung tapioka yang dibentuk kotak-kotak kecil-kecil. Mirip cilor, cimin juga di goreng dengan diberi telur namun dibentuk dalam wadah-wadah kecil seperti cetakan. Tapi ada juga pedagang yang membuat cimin dengan langsung mencampurkan telur dengan tepung tapioka sebelum akhirnya di goreng dalam cetakan.

Jajanan Awalan Ci – Cimin (Cookpad)

Cipuk

Cipuk (aci kerupuk) merupakan jajanan aci yang terbilang unik. Biasanya, kerupuk dijadikan bahan pelengkap makan berat. Tapi kini, kerupuk juga bisa dijadikan jajanan. Cipuk sendiri terbuat dari bahan sisa krupuk yang remuk. Umumnya, krupuk yang remuk dibuang, tetapi inovasi membuat sisa kerupuk itu jadi kuliner khas baru. Di mana, sisa kerupuk tersebut direndam lalu diberi tepung aci dan digoreng.

Jajanan Awalan Ci – Cipuk (Tribun Jateng)

Cipeng

Cipeng atau cireng gepeng merupakan jajanan khas Sunda yang muncul dari inovasi dari para penjual cireng yang dagangannya kurang laku. Karena takut rugi, mereka akhirnya mempipihkan cireng dagangannya lalu digoreng sampai kering. Makanan ini membuat cipeng lebih tahan lama jika dibandingkan dengan cireng. 

Jajanan Awalan Ci – Cipeng (Hops.ID)

Cipet

Jajanan yang memiliki nama aci kadempet ini mungkin masih cukup asing namanya. Selain aci kadempet, ada pula yang menyebut makanan ini berasal dari kata aci kacepet hingga aci didempet. Secara sederhana, maksudnya adalah aci yang terjepit. Nama ini terlahir karena melihat bentuknya berupa adonan aci yang diselipkan diantara tahu putih lalu digoreng. Jadi maksud dari penamaan tersebut adalah aci yang terjepit tahu. Cipet ini mirip batagor (bakso tahu goreng). 

Jajanan Awalan Ci – Cipet (Lazada)

Cibay

Masyarakat Sunda menamakan jajanan cibay karena ada aci ngambai atau aci yang meleleh. Dinamakan demikian karena saat dimakan, akan terlihat ada tepung aci yang lumer atau memanjang seperti mozarela. Cibay senditu terbuat dari kulit lumpia yang diisi adonan tepung tapioka dengan diberi isian daging ayam cincang, atau sosis cincang, ada juga yang berisi abon. Setelah ditutup dengan kulit lumpia, adonan ini digoreng dan jadilah cibay.

Bener-bener dengan bahan dasar yang sama yakni tepung aci, namun sedikit inovasi menjadikan jajanan ini beda bentuk dan berbeda nama. Salut deh sama para pedagang jajanan khas Sunda berawalan Ci- itu. Kalau kamu udah coba yang mana saja nih?

Jajanan Awalan Ci – Cibay (Liputan6)