Deretan Kota Wisata Populer di Jawa yang Wajib Kamu Kunjungi, Jangan Sampai Terlewatkan

Jika kamu pertama kalinya kamu mendatangi Pulau Jawa, maka jangan lewatkan mengunjungi kota wisata populer di Jawa berikut ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak kota wisata populer di Jawa yang menyimpan potensi luar biasa di bidang pariwisata. Selain memiliki pemandangan cantik, ada banyak hal yang bisa dieksplore, mulai dari sisi budaya, kuliner, obyek wisata, hingga kesenian yang membuat banyak orang terkesan.

Jika ini pertama kalinya kamu menginjakkan kaki di Pulau Jawa, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi kota wisata populer di Jawa yang akan kita bahas di bawah ini. Dijamin tidak akan menyesal! Di mana saja?

 

1. Yogyakarta

Yogyakarta, atau juga dikenal dengan nama beken “Jogja”, menjadi kota pertama yang wajib kamu datangi saat berada di Pulau Jawa. Di Daerah Istimewa ini kamu bisa menemukan semua daya tarik wisata menjadi satu, mulai dari pantainya yang indah seperti pantai parangtritis, pegunungannya yang menyejukkan, candi-candi bersejarah hingga kuliner yang terkenal memanjakan lidah.

Beberapa makanan tradisional yang wajib kamu coba adalah gudeg dan bakpia. Selain itu, kamu bisa menikmati tradisi masyarakat yang masih dipegang erat hingga saat ini seperti upacara sekaten, labuhan parangkusumo dan masih banyak lagi. Kamu bisa juga jalan-jalan santai di Kawasan Malioboro sambil membeli oleh-oleh batik khas Yogyakarta. Jangan lupakan juga keramahan warganya yang selalu siap memberikan yang terbaik untuk turis.

Kota Wisata Populer di Jawa (via Star Travel Malaysia)

2. Semarang

Tak seberapa jauh dari Jogja, kamu bisa mampir ke Semarang. Di sini, kamu bisa berkunjung ke banyak tempat yang ikonik, di antaranya ada lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, hingga Kota Lama Semarang yang tidak kalah menarik.

Selain destinasi wisata, kamu juga harus mencicipi lumpia khas Semarang yang terkenal. Selain itu, pastikan juga membawa oleh-oleh tahu gimbal dan juga mochi gemini untuk keluarga. Jika ingin mendapatkan pengalaman kuliner yang mudah dan tanpa ribet, coba deh berkunjung ke alun-alun Semarang.

Kota Wisata Populer di Jawa (via Ekonomi Bisnis)

3. Bandung

Bandung merupakan ibukota Jawa Barat yang sering disebut sebagai Paris Van Java. Berada di dataran tinggi, Bandung memiliki cuaca yang sejuk. Selama berada di Bandung pastikan untuk mengunjungi beragam tempat wisata menarik, mulai dari Gunung Tangkuban Parahu, Farm House di Lembang, Cikole, Kawah Putih, China Town, Little Korea, Gedung Sate, hingga Rabbit Town.

Lalu setelah lelah mengunjungi tempat wisata, sempatkan untuk mencicipi beragam kuliner lezat seperti batagor, martabak, mie kocok, hingga seblak. Dijamin kamu akan ketagihan! Tidak heran jika banyak warga metropolitan yang menjadikan kota ini sebagai tujuan escape saat liburan singkat atau akhir pekan.

Kota Wisata Populer di Jawa (via Kompas)

3. Malang dan Batu

Kota yang akan kita singgahi berikutnya adalah Malang. Jika Jawa Barat punya Bandung sebagai destinasi wisata di dataran tinggi, maka di Jawa Timur ada Malang yang memiliki banyak spot wisata menarik, salah satunya adalah kawasan Malang Heritage yang lokasinya tak jauh dari stasiun Malang. Selain itu, jangan lupa mampir ke spot wisata seperti Kampung Warna-Warni Jodipan yang berseberangan langsung dengan Kampung Biru.

Jika kamu bergeser sedikit ke Kota Batu, maka ada lebih banyak obyek wisata keren yang wajib dikunjungi, mulai dari Jatim Park 1, 2, dan 3, BNS (Batu Night Spectacular), Museum Angkut, dan masih banyak lagi.

Selain kawasan Kota Malang dan Batu, daerah Kabupaten Malang juga memiliki potensi wisata luar biasa. Garis pantai Malang yang panjang, membuat Malang memiliki banyak sekali pantai berpasir putih yang indah, seperti Pantai Balekambang yang terkenal, Pantai Goa Cina, Pantai Tiga Warna, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang suka wisata kuliner, banyak makanan enak yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Malang, di antaranya ada bakso Malang dan sate kelinci yang sayang jika dilewatkan. Pokoknya lengkap!

Itulah tadi 4 kota wisata populer di Jawa yang wajib dikunjungi saat kamu berkunjung ke Pulau Jawa. Luangkan waktu yang cukup supaya puas menikmati destinasi wisata yang beragam di kota-kota tersebut.


 

Kota Wisata Populer di Jawa (via Tokopedia)