Mudah Dilakukan, Begini Cara Mencegah Berat Badan Naik

Mencegah berat badan naik dianggap lebih susah karena harus menjaga pola makan dan rajin berolahraga. Apakah tidak ada cara lebih mudah?

Menurunkan berat badan memang bukan hal mudah, namun sebagian orang menganggap kalau mencegah berat badan naik itu lebih susah. Karena kamu harus menjaga pola makan dan rajin berolahraga untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Melansir Detik, para ahli diet mengatakan bahwa berat badan yang naik sekitar 700 gr hingga 2 kg dalam seminggu itu masih dianggap wajar. Namun jadi tak wajar jika kenaikan berat badan ini terjadi terus menerus setiap minggunya. Duh, badan bisa melar dong.

Lantas, bagaimana ya cara menjaga agar jarum timbangan tidak tambah miring ke kanan? Berikut ini penjelasannya.

Perbanyak Akvitas Fisik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memperbanyak aktivitas fisik, seperti sering jalan kaki, menghindari lift dan lebih memilih naik turun tangga, mengepel lantai, dan masih banyak lagi. Jadi enggak perlu melakukan olahraga khusus. Meski tampak sederhana, namun jika dilakukan setiap hari, maka hasilnya akan terlihat kok.

Mencegah Berat Badan Naik (via BukaReview)

Memantau Makanan

Memantau pola makan juga bisa menjadi salah satu cara mencegah berat badan naik. Pemantauan ini bisa kamu lakukan dengan cara mencatat setiap makanan yang kamu makan dalam sebuah catatan kecil dan menghitung berapa kalorinya. Dengan begitu, kamu akan tetap tahu berapa kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh kamu setiap hari.

Mencegah Berat Badan Naik (via Hello Sehat)

Konsumsi Beragam Sumber Nutrisi

Saat makan, pastikan makanan kamu mengandung protein, serat, dan volume cair yang cukup agar kamu merasa kenyang. Usahakan mengonsumsi daging tanpa lemak, daging unggas, dan juga ikan. Karena makanan-makanan tersebut memiliki kandungan protein yang padat dan berkualitas.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mencegah berat badan naik. Meski susah dan agak ribet, tapi jika dilakukan setiap hari pasti akan terasa ringan. Semangat menjaga berat badan ya!

Mencegah Berat Badan Naik (via Jovee)