Food Preparation: Metode Menyiapkan Bahan Makanan Untuk Menghemat Waktu Memasak

Belakangan ini, banyak muncul konten-konten mengenai food preparation. Sebenarnya apa sih itu? Apa manfaatnya?

Belakangan ini, banyak muncul konten-konten mengenai food preparation. Isi konten tersebut biasanya tentang mengelompokkan bahan makanan di dalam kotak-kotak terpisah yang kemudian disimpan dalam kulkas. Namun sebenarnya, apa sih food preparation itu?

Food preparation biasa disingkat foodprep,adalah sebuah metode menyiapkan makanan sebelum diolah. Aktivitas ini meliputi mencuci, mengupas, memotong, menghaluskan, dan sebagainya. 

Untuk memulai foodprep bisa dilakukan dengan menyusun meal plan atau menu masakan terlebih dahulu selama selama periode tertentu, misal satu pekan ke depan. Apa saja sih manfaatnya? 

1. Menghemat Budget

Dengan merencanakan menu makanan untuk seminggu kedepan, kegiatan belanja jadi lebih terukur karena semua keperluan masakanmu sudah ada dalam daftar. Selain itu, bahan makanan yang sudah dipilah dan disimpan sesuai dengan metode foodprep, memiliki umur simpan makanan bisa lebih lama. Jadi tidak ada lagi membuang bahan makanan.

Food Preparation (via iStock)

2. Membuat Makanan Lebih Awet

Metode foodprep memperhatikan bagaimana cara penyimpanan makanan, misalnya beberapa jenis sayuran harus terlebih dahulu dikeringkan dan dimasukkan ke dalam wadah yang dilapisi tisu. 

Sayuran lainnya harus dikupas dan dibuang bagian yang busuk, lalu disimpan dalam kantong kedap udara untuk mencegah oksidasi. Dengan melakukan foodprep, kita bisa meminimalisir kerusakan bahan makanan saat disimpan.

Food Preparation (via SafeFood)

3. Menghemat Waktu dan Tenaga

Meski diawal kita membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk melakukan foodprep, anggap saja sebagai investasi kemudahan di hari-hari berikutnya. Di hari berikutnya waktu memasak kita akan menjadi lebih singkat karena bahan masakan sudah tersedia rapi dan dikelompokkan. 

Food Preparation (via ParentTalk)

4. Tampilan Kulkas Lebih Rapi

Dalam metode foodprep, semua makanan yang masuk kulkas sudah dibersihkan, dikelompokkan, dan dimasukkan ke dalam wadah masing-masing. Nah, wadah-wadah bahan makanan ini membuat tampilan kulkas lebih rapi dan lebih memudahkan kita mencari bahan makanan tertentu.

Bagaimana? Setelah mengenal food preparation dan tahu manfaatnya, apa kamu berniat untuk menerapkannya di rumah? Setiap orang pasti punya pertimbangan masing-masing soal makanan, tapi setidaknya cara di atas bisa menjadi salah satu alternatif untuk hidup lebih nyaman dan tertata, bukan?

Food Preparation (via Hipwee)