Kisah Cinta Romantis Bung Hatta, Tidak Menikah Sebelum Negara Merdeka

Kisah cinta romantis Bung Hatta yang berkorban baru akan menikah setelah Indonesia Merdeka.

Kalau ngomongin sosok Bung Hatta, beliau adalah sosok sahabat setia Bung Karno, tak hanya sebatas proklamator saja. 

Ngomong-ngomong, banyak yang belum tahu terkait kisah asmara Bung Hatta terkait kehidupan asmaranya. Padahal beliau memiliki kisah cinta abadi yang sangat panjang lho. Penasaran, yuk simak ulasan dan faktanya.

1. Masalah Pribadi urusan belakangan, beliau berikrar tak mau menikah sebelum Indonesia merdeka

Dikutip dari "Seratus Tahun Bung Hatta" yang ditulis oleh Meutia Farida Hatta, "tercantum jika Bung Hatta sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia sejak muda. Karena kepeduliannya yang besar inilah, ia bersumpah tidak akan menikah selama Indonesia belum merdeka."

Dan hal ini bukanlah isapan jempol belaaka, Bung Hatta sempat mengenal beberapa wanita cantik pada mas itu, beberapa diantaranya adalah Nelly putri mak Eteb Ayub (Pengusaha asal Minang) yang sudah seperti ayah angkat beliau. Meskipun banyak dukungan namun Bung Hatta tetap bersikukuh dan rekomendasi wanita cantik dari teman-temanya pun mental.

Masalah Pribadi urusan belakangan, beliau berikrar tak mau menikah sebelum Indonesia merdeka (jakartapintar.com)

2. Karena Sosok Bunghata yang Pemalu dan dingin maka membuat Bung Karno gelisah mengingat usia beliau yang sudah 40 tahun

Berbeda dengan sosok Bung Karno yang mahir dalam berbicara, sosok Bung Hatta adalah sosok yang terbilang pemalu. Di luar kegiatan memperjuangkan kemerdekaan, ia banyak mengisi waktu dengan membaca buku.

Hal itu membuat sahabatnya Bung Karno gelisah melihat sahabatnya masih melajang di usia 40 tahunan.

Bahkan setelah Indonesia merdeka, beliau masih tetap melajang. Dilansir dari idntimes yang memaparkan, "Sebagai sahabat, Bung Karno melakukan berbagai cara agar Bung Hatta bisa menikah. Saat ditanya sosok perempuan yang memikat hatinya, nama Rahmi Rachim muncul. Bung Karno pun langsung melamar Rahmi untuk Bung Hatta. Sempat ragu, pinangan tersebut membuahkan hasil atas jaminan Sukarno. Oh iya! Konon, Rahmi adalah gadis tercantik di Bandung, lho!"

Bung Hatta dikena sebagai sosok yang pemalu (grid.id)

3. Bung Hatta sudah lama jatuh cinta dengan Rahmi, Namun beliau tak sanggup berkenalan.

Bung hatta pertama kali bertemu dengan Rahmi di Institut Pasteur, Bandung. Saat itu ia tengah mengadakan kunjungan bersama Bung Karno. Namun pertemuan ini tidak berarti mereka saling berkenalan, mengobrol dan meminta alamat. Faktanya, Bung Hatta cuma melihat sekilas wajah Rahmi aja.

Karena beliau mengingat ikrarnya agar tak menikah sebelum Indonesia Merdeka. Setelah Indonesia dan lewat bantuan sahabatnya Bung Karno, ia mengutarakan ketertarikanya dan akhirnya berbuah manis.

Bung Hatta sudah lama jatuh cinta dengan Rahmi (jurukunci.net)

4. Bung Hatta menjadikan buku karyanya sebagai Maskawin

Sudah tak diragukan lagi kecintaan Bung Hatta akan buku emang luar biasa. Selama masa pembuangannya di Boven Digul beliau menulis buku yang berjudul "Alam Pikiran Yunani," buku itulah yang ia jadikan maskawin saat mempersunting Rahma di sebuah Villa di Megamendung, Bogor pada 18 November 1945.

Bung Hatta menjadikan buku karyanya sebagai Maskawin (Liputan6.com)

5. Pernikahan Bung Hatta Adem Ayem, dan beliau Setia

Sampai ajal menjemput, sosok Bung Hatta hanya memiliki satu istri saja, perbedaan usia beliau dengan ibu Rahmi sekitar 24 tahunan dan selama 35 tahun pernikahan mereka, tidak pernah menjadi masalah.

Bung Hatta memegang teguh prinsip agama dan kesetiaan, sebenarnya banyak lho orang-orang yang mencari celah dalam kehidupanya, namun sangat sulit karena Bung Hatta sangat bersih baik secara politik maupun ursan Asmara.

Wah, emang sangat menginspirasi banget ya kisah asmara bung Hatta, jadi baper deh, bisa dijadikan contoh nih kisah Asmara beliau, dalam mencintai itu kita harus memegang teguh prinsip 'Setia'.

Pernikahan Bung Hatta Adem Ayem, dan beliau Setia (zoneknowledge.com)