Pengin Cepat Kurus? Jangan Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Setelah Olahraga, Nomor 4 Bisa Bikin Makin Gemuk

5 jenis makanan ini sebaiknya dihindari setelah olahraga, salah satunya makanan berlemak.

Setelah olahraga , tubuh akan membakar banyak kalori. Karena hal itu, perut jadi terasa lapar dan cenderung ingin mengonsumsi berbagai jenis makanan . Tapi sebenarnya, kamu perlu hati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan kamu konsumsi setelah olahraga loh!

Jika salah memilih, tubuh justru akan kesulitan mengembalikan energi yang sudah terbuang saat olahraga. Akibatnya, tubuh bisa menjadi semakin gemuk. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari setelah olahraga agar usahamu tidak sia-sia. Apa saja makanan itu? Simak yuk!

1.    Makanan Karbohidrat sederhana

Jangan konsumsi makanan yang merupakan sumber karbohidrat sederhana seperti roti putih atau kue kering. Pasalnya, dua makanan itu punya kandungan gula yang cukup tinggi. Hal ini yang justru bisa menghambat penurunan berat badan dan memperlambat metabolisme. Jadi sebaiknya, pilih makanan yang memiliki sumber karbohidrat yang kompleks seperti nasi merah, ubi jalar ataupun jagung.  

2.    Makanan Berlemak Tinggi

Hindari makanan berminyak, biji-bijian atau apapun yang digoreng setelah olahraga. Sebab, lemak bisa memperlambat proses pencernaan di usus. Karena itu, pengiriman nutrisi yang dibutuhkan otot juga akan tertunda. Akibatnya, tubuh bisa saja menjadi semakin lemas.

3.    Makanan pedas

Setelah olahraga, tubuh seakan baru saja menyelesaikan tugas besar dan sedang dalam perbaikan. Oleh karena itu, dibutuhkan makanan yang mudah dicerna. Sementara makanan pedas merupakan salah satu jenis hidangan yang sulit dicerna oleh tubuh. Jadi disarankan untuk hindari makanan pedas setelah olahraga.

4.    Soda Dan Minuman Manis

Foto: Makanan Dihindari Setelah Olahraga (Palapa News)

Jangan pernah minum soda setelah olahraga. Walaupun memberikan efek yang menyegarkan, tapi tubuh membutuhkan hidrasi dan jenis minuman ini tidak bisa melakukannya. Tidak hanya itu saja, soda juga bisa membuat perut kembung. Begitupun dengan jenis minuman manis yang mengandung fruktosa tinggi juga perlu dihindari. Pasalnya, minuman tersebut sulit dicerna dan mengurangi efek pembakaran lemak, sehingga malah berisiko untuk menaikkan berat badan.

5.    Sayuran mentah

Sayuran mentah dipercaya memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi. Tapi sayuran mentah, tidak cukup untuk mengambalikan energi yang terpakai saat berolahraga. Makanan yang mengandung protein dan karbohidrat merupakan jenis asupan yang paling tepat dikonsumsi setelah melakukan aktivitas fisik yang berat.

6.    Makanan cepat saji

Foto: Makanan Dihindari Setelah Olahraga (KlikDokter)

Makanan cepat saji banyak dipilih karena selain rasanya yang lezat, jenis makanan ini juga mudah ditemukan dan terbilang praktis. Padahal, makanan cepat saji memiliki kadar garam yang tinggi yang sulit untuk mengembalikan energi di dalam tubuhmu. Selain itu, makanan cepat saji juga tinggi lemak jahat sehingga dapat membuat olahragamu sia-sia.

7.    Cokelat

Olahan cokelat juga harus dihindari untuk membuat tubuh cepat kurus. Ingatlah bahwa olahraga yang kamu lakukan bisa mempercepat metabolisme kamu. Jadi, jaga diet tetap bersih dengan hanya mengonsumsi makanan utuh dan bukan makanan yang sudah diolah sebelumnya.

Foto: Makanan Dihindari Setelah Olahraga (JawaPos)