Dianggap Sinonim, Sebenarnya Apa Perbedaan Wanita dan Perempuan?

Selama ini kita tidak terlalu mengenal perbedaan wanita dan perempuan karena menganggapnya sama saja. Padahal, keduanya memiliki sifat yang tidak sama. Cari tahu di sini!

Selama ini, kebanyakan orang menganggap istilah wanita dan perempuan sebagai sinonim, karena memang merujuk pada satu hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki konotasi dan makna yang tidak sama. Lalu sebenarnya apakah ada perbedaan wanita dan perempuan ?

Makna Etimologis

Melansir Magdalene, Akademisi Sudarwati dan D. Jupriono dalam artikel jurnal berjudul “Betina, Wanita, Perempuan: Telaah Semantik Leksikal, Semantik Historis, dan Pragmatik” (1997), menuliskan bahwa kata wanita mengandung konotasi terhormat.

Wanita merujuk pada "Keputrian" atau "sifat-sifat wanita" yang diharapkan akan bersifat lemah gemulai, lembut, patuh, dan menyenangkan layaknya putri keraton. Sedangkan kata perempuan bernilai cukup tinggi, bahkan sejajar atau  lebih tinggi daripada kata lelaki.

Melansir staff.unand, menurut Dr. Ike Revita, M.Hum., Dosen dari Jurusan Bahasa Inggris Universitas Andalas, dalam bahasa Sansekerta, kata perempuan merupakan penggalan dari kata per-empu-an. Per berarti makhluk dan Empu berarti mulia atau mahir. Dengan begitu, perempuan diartikan sebagai makhluk yang mulia atau berkemampuan. 

Makna Menurut  Kamus

Perbedaan Wanita dan Perempuan (via Kabar Banten)

Dalam KBBI, kata perempuan berarti orang dengan vagina yang dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, menyusui. Sedangkan wanita diartikan sebagai perempuan dewasa.

Dalam Kamus Kuno Jawa-Inggris, wanita bermakna "yang diinginkan". Hal ini wanita dianggap sebagai objek yang diinginkan pria. Dan perempuan menurut KBBI 1988, bermakna kehormatan.

Perubahan Makna

Perbedaan Wanita dan Perempuan (via Sripoku)

Dari waktu ke waktu, kata perempuan dan wanita mengalami perubahan, di mana makna wanita bergeser menjadi baik. Sedangkan, perempuan mengalami penurunan makna menjadi buruk.

Itulah mengapa, nama-nama lembaga yang mengurusi soal perempuan, selalu membubuhkan kata "perempuan". Misalnya saja Komisi Perlindungan disebut Komnas Perempuan bukan Komnas Wanita. Dan lembaga kementerian diberi nama Kementerian Pemberdayaan Perempuan, bukan Kementerian Pemberdayaan Wanita.

Sudah tahu bedanya kan? Namun apapun perbedaan wanita dan perempuan , yang jelas baik perempuan atau wanita, keduanya adalah makhluk yang wajib dihargai, dihormati, dijaga, dan disayangi. Sepakat?

Perbedaan Wanita dan Perempuan (via Indozone)