Mengapa Kita Harus Bersyukur dalam Kondisi Apapun?

Cobalah berhenti sejenak dan berterima kasih atas segala yang kamu miliki saat ini. Banyak alasan mengapa kita harus bersyukur atas semuanya.

Banyak orang yang punya sifat mudah putus asa, mudah jatuh, susah untuk bangkit kembali, atau merasa memiliki banyak kelemahan dan kekurangan. Jika demikian, cobalah berhenti sejenak dan berterima kasih atas segala yang kamu miliki saat ini. Banyak alasan mengapa kita harus bersyukur  atas semuanya.

Dalam suatu penelitian psikologi positif, rasa syukur berkaitan erat dengan kebahagiaan, dalam artian semakin kita mensyukuri hidup ini, semakin kita akan merasa bahagia. Hal ini dikarenakan rasa syukur dapat membantu seseorang merasakan emosi yang lebih positif, menikmati pengalaman yang baik, meningkatkan kesehatan, menghadapi kesulitan serta membangun hubungan yang kuat dengan orang lain.

Cara mengungkapkan syukur pun bisa dengan berbagai cara, misalnya dengan mengingat betapa bahagianya masa kecil, mensyukuri apa yang terjadi saat ini karena harini pekerjaan berjalan lancar dan mensyukuri masa depan dengan tetap optimis dalam memandang segala sesuatu. Bersyukur juga bisa mengubah hidupmu lho. Lalu apa sajakah manfaat dari bersyukur?

1. Membuat Hidup Menjadi Semakin Bahagia 


Memperhatikan apa yang sudah kita miliki dapat membuat kita merasa lebih positif tentang kehidupan yang lebih masuk akal. Akan ada beberapa hal yang membuat kita tetap merasa iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, akan tetapi rasa syukur tersebut bisa membuat kita mengurangi rasa iri, memfasilitasi emosi positif dan membuat kita lebih giat lagi untuk mencapai apa yang kita ingini.

2. Bisa Membawa Hubungan yang Lebih Bermakna

Mengapa Kita Harus Bersyukur (via Bola.com)

Dengan mengucapkan “terima kasih” pada tiap kesempatan ternyata bukan hanya perilaku yang baik akan tetapi hal tersebut juga menunjukkan bahwa kamu termasuk orang yang menghargai dan mensyukuri apapun yang telah diberikan oleh orang lain kepadamu. Dan ternyata dengan melakukan hal tersebut ternyata bisa membawa kamu menemukan teman baru dan memungkinkan seseorang untuk membawamu ke hubungan yang mengarah lebih lanjut.

Contohnya, hari ini kamu bertemu dengan klien dan kamu mengatakan terima kasih sudah mau memenuhi undanganmu untuk datang. Kemudian suatu saat, orang tersebut akan menggunakan jasamu kembali. 

3. Membuatmu Semakin Sehat

Mengapa Kita Harus Bersyukur (via GKDI)

Dalam sebuah penelitian, fakta bahwa seseorang pandai bersyukur lebih jarang sakit daripada mereka yang banyak mengeluh. Maka tidak mengherankan jika orang-orang yang lebih banyak bersyukur juga lebih cenderung menjaga kesehatan mereka.

4. Meningkatkan Self Esteem

Mengapa Kita Harus Bersyukur (KapanLagi)

Rasa syukur dapat membantumu merasa lebih baik tentang keadaan yang kamu rasakan saat ini sehingga dapat menyebabkan kamu merasa lebih baik tentang diri sendiri. Dengan bersyukur kita juga bisa mengurangi perbandingan sosial serta bisa menghargai prestasi yang ada pada orang lain.

5. Mendapatkan Dukungan Sosial yang Lebih Baik

Mengapa Kita Harus Bersyukur (via Kumparan)

Sebuah studi mengatakan bahwa rasa syukur mempunyai manfaat social dan memiliki akses dukungan social lebih banyak. Selain itu rasa syukur juga bisa mengatasi depresi yang rendah dan juga menurunkan tingkat stress yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini menunjukkan bahwa rasa syukur membantumu untuk mendapatkan dukungan social yang bisa menemanimu untuk melewati masa-masa sulit.

6. Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Mengapa Kita Harus Bersyukur (via Bola.com)

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan bersyukur tidak hanya dapat mengurangi rasa stress akan tetapi menjadi peran utama dalam mengatasi segala trauma. Sebuah studi pada tahun 2006 yang do terbutkan dalam Behaviour Research and Theraphy mengatakan bahwa veteran Perang Vietnam mengalami tingkat gangguan stress pasca-trauma yang lebih renda setelah mereka meningkatkan rasa terima kasih yang tinggi terhadap apa yang telah mereka alami.

7. Rasa Syukur Dapat Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Mengapa Kita Harus Bersyukur (via Hipwee)

Menulis dala jurnal tentang apa yang telah kita syukuri ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur. Dengan meluangkan waktu 15 menit saja untuk mencatat segala sesuatu yang telah kamu syukuri hari ini sebelum tidur ternyata bisa membuat waktu tidurmu lebih baik dan lebih lama.

Itulah tadi alasan mengapa kita harus bersyukur  terhadap apa yang kita alami dan diberikan Tuhan sekarang ini. Jadi, apakah kamu sudah mengucapkan terima kasih hari ini?

Mengapa Kita Harus Bersyukur (via Hipwee)