Inilah Deretan Superhero yang Beragama Islam di Komik Amerika, Favorit Kamu yang Mana?

Inilah deretan superhero yang beragama Islam di komik Amerika. Favorit kamu yang mana?

Agama memang bukan menjadi identitas yang penting untuk dilekatkan pada karakter superhero. Tapi, tentu saja bakal menarik kalo ada superhero yang menganut keyakinan atau agama yang sama dengan para pembacanya.

Salah satu agamanya adalah agama Islam. Yap, ada beberapa superhero di komik Amerika yang beragama Islam loh. Meski sebagian besar agama para superhero gak penting, cerita para pahlawan pembela kebenaran ini bakal memengaruhi karakter superhero tersebut.

Inilah deretan superhero yang beragama Islam di komik Amerika. Favorit kamu yang mana?

#1 Ms. Marvel


Ms. Marvel adalah superhero dari komik Marvel yang sebenarnya adalah Kamala Khan. Dia diceritakan sebagai anak bungsu dari dua bersaudara keluarga tradisional Pakistan yang tinggal di New Jersey, Amerika Serikat.

Kamala ingin menjadi dirinya sendiri sekaligus membuat keluarganya bangga. Dia adalah fans berat Captain Marvel atau Carol Danvers.

Kamala pun menjadi superhero setelah diungkap bahwa dia adalah keturunan Inhumans. Dia punya kekuatan seperti shapeshifter, healing factor, dan tubuhnya yang elastis.

Kaget dengan kekuatannya itu, Kamala pun memanfaatkan kekuatannya untuk berbuat kebaikan. Dia pun tetap beraksi membela kebenaran berbekal pengetahuan agama Islam yang dianutnya.

Ms. Marvel ternyata beragama Islam loh~ (marvel.fandom.com)

#2 M

gbr 2: 

M adalah superhero beragama Islam selanjutnya. Dia punya nama asli Monet St. Croix yang lahir di Sarajevo, Bosnia. Dia dibesarkan oleh keluarga Muslim kaya. Tapi, dia adalah mutan yang memiliki kekuatan dan kemampuan tubuh yang super.

Sebagai salah satu superhero beragama Islam dari komik Amerika Marvel, M bisa terbang dengan kecepatan suara, telekinetik, telepati, dan bisa merasakan aura mutan. M sendiri direkrut oleh Banshee dan Emma Frost yang tergabung dalam Generation X.

M berjuang dalam diskriminasi mutan dan diskriminasi umat Islam. M juga gak ragu mengakui dirinya seorang Muslimah.

M, ternyata doi Muslimah gengs~ (pinterest.com)

#3 Dust


Karakter superhero beragama Islam selanjutnya adalah Sooraya Qadir atau Dust. Dia adlaah seorang mutan yang berasal dari Afganistan. Dia punya kemampuan mengubah dirinya menjadi butiran pasir hingga menimbulkan badai pasir.

Awalnya, Sooraya ditolong oleh Wolverine dan Fantomex dari perbudakan. Sooraya pun dibawa ke markas X-Corps India. Di sana, Sooraya Qadir tinggal sekamar dengan Laura Kinney atau X-23.

Laura Kinney sendiri dikenal sebagai perempuan paling berbahaya karena merupakan hasil kloningan Wolverine. Tapi Sooraya adalah perempuan yang sabar dalam menghadapi Laura yang selalu ragu atas keberadaan Tuhan.

Sooraya Qadir alias Dust ini bergabung dengan Utopia, kelompok X-Men yang dipimpin Cyclops. Dia juga berlatih bersama X-Men Street Team.

Dust, anggotanya X-Men (comicbookinvest.com)

#4 Justice


Karakter superhero beragama Islam berikutnya bernama asli Josiah Al-hajj Saddiq alias Justice. Dia mewarisi kekuatan beradaptasi yang super berkat soldier serum.

Dia kemudian bergabung dengan pasukan Amerika Serikat dan sempat jadi anggota James Rhodes Crew untuk melindungi kota.

Superhero yang satu ini akhirnya menganut agama Islam dan telah menunaikan ibadah haji. Dia kemudian dikenal sebagai Josiah X yang juga menjadi imam di Little Mogadishu, Brooklyn, New York.

Justice dari Marvel (skygrid.id)

#5 Monica Chang

Doi adalah kepala Divisi Artificial Intelligence dari S.H.I.E.L.D. Tugasnya adalah menginterogasi Hank Pym setelah Pym menciptakan virus untuk menghancurkan Ultron yang berkembang jadi AI ganas yang disebut Dimitrios.

Bersama Pym, Monica Chang mengumpulkan tim untuk memburu Dimitrios dan melakukan beberapa perang siber di seluruh dunia. Dia punnya tim yang dikenal dengan sebutan Avengers A.I.

Monica Chang punya musuh bernama Doombot yang adalah prajurit robot buatan AI berdasarkan tokoh Dr. Doom. Sebelum bertempur, Monica Chang pernah diceritakan solat dulu sebelum menjalankan misinya.

Doombot sempat menanyakan maksud Monica untuk beribadah, karena ia merasa tidak perlu berdoa pada siapa pun. Monica pun menjelaskan kenapa dia perlu beribadah agar tak seangkuh Doombot. Monica Chang pun teatp memimpin Avengers AI yang bertugas untuk menangani masalah serangan dan gangguan AI di seluruh dunia.

Monica Chang dari Marvel (marvel.fandom.com)

#6 Green Lantern

 

Simon Baz adalah seorang imigran keturunan Libanon. Dia tinggal di Detroit yang jadi sarang kriminalitas saat terjadi krisis besar. Simon Baz pun dipecat dari pekerjaannya dan terjerumus ke dunia pencurian kendaraan bermotor karena frustasi.

Suatu hari, Simon sempat salah mencuri truk yang isinya malah bom untuk tindak kejahatan terorisme. Tapi dia berani untuk menggagalkan usahanya sehingga dia terpilih untuk mengenakan cincin dan menjadi penjaga keamanan galaksi.

Simon Baz kemudian menjadi Green Lantern yang baru. Dia juga pernah menjadi White Lantern yang bisa mengeluarkan cahaya putih dan memiliki kekuatan kehidupan. Padahal gak sembarang orang yang bisa memiliki kekuatan White Lantern itu.

Green Lantern dari DC Comics (facebook.com)

#7 Excalibur


Karakter superhero beragama Islam selanjutnya adalah Excalibur yang bernama asli Faiza Hussain. Dia tinggal di London, Inggris, dan bekerja sebagai dokter. Suatu hari, Faiza terkena sinar laser yang justru memberikannya kekuatan super.

Kekuatan barunya itu membuat dia bisa mengerjakan operasi organ tubuh dalam tanpa membunuh orang. Dia juga selalu menjalankan aksinya tanpa lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Faiza Hussain juga terpilih sebagai sosok yang menggunakan pedang Excalibur. Dan itulah yang menjadi nama superheronya.

Excalibur dari Marvel(marvel.fandom.com)

#8 Nightrunner


Karakter superhero beragama Islam selanjutnya adalah Nightrunner yang punya nama asli Bilal Asselah. Dia adalah seorang lelaki keturunan Prancis-Aljazair yang dibesarkan di Paris. 

Dia sempat ditangkap polisi karena mengikuti protes besar Prancis-Muslim di Paris. Dia dipukuli tanpa ampun bersama dengan temannya juga, Aarif. Tapi protes masih berlanjut hingga Aarif pun tewas ditembak polisi.

Setelah itu, Bilal pun menemukan jati dirinya dan bergabung dengan kelompok atlet parkour. Dia tetap memperjuangkan kaumnya hingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan topeng dan mendapat julukan Nightrunner.

Batman dan Nightwing melihat bakat Nightrunner ini. Kemudian Bilal atau Nightrunner ini direkrut menjadi perawakilan Batman Incorporated di Paris. Nightrunner juga dibekali gadget canggih dan pelatihan bela diri.

Itulah deretan superhero yang beragama Islam di komik Amerika. Favorit kamu yang mana?

Nightrunner dari DC Comics (pinterest.com)