Sungai Horor di Indonesia, Dari Tumbal Sampai Legenda Air Terjun

Sungai-sungai di Indonesia juga gak bisa lepas dari horor. Ada kepercayaan kalau sungai itu semacam wilayah idaman mahkluk astral.

Jumlah sungai di Indonesia itu banyak. Tapi ada tujuh sungai di Indonesia dengan panjang 500 km. Di antara tujuh sungai itu, yang paling panjang adalah Kapuas. Sungai Kapuas ini bisa sepanjang 1.143 km. Benar-benar membelah Kalimantan deh.

Di Indonesia, banyak banget sungai yang punya legenda horor. Dari ada penampakan kuntilanak sampai penampakan siluman buaya. Daripada kelamaan, ini dia daftar sungai yang punya legenda horor di Indonesia:

1. Brantas

Legenda horor di sepanjang area ini lumayan seram sih. Katanya, wilayah ini punya penunggu berupa buaya putih. Soal penunggu buaya putih ini sempat dicatat sama Belanda. Menariknya juga, sang penunggu ini dulunya sempat berhubungan baik sama masyarakat sekitar sungai.

Lama-kelamaan, karena masyarakat dianggap curang dan makin jahat, sang buaya putih ini ikutan jahat. Hampir setiap ada kecelakaan di sungai ini, pasti dihubungkan dengan kelakukan sang buaya putih lagi minta tumbal.

id.wikipedia.org

2. Ciliwung

Horor di sepanjang Ciliwung sepertinya sudah jadi rahasia umum. Apalagi kalau Ciliwung habis kena banjir. Ada saja kejadian horor dialami warga. Dari sekedar diikuti hantu, penampakan kuntilanak, sampai minta tumbal. Horornya lagi, di CIliwung ada penunggu berbentuk buaya buntung.

Si buaya buntung ini seringnya minta tumbal anak-anak kecil. Kata legenda, orang harus ngasih sesajen ke buaya buntung ini. Sesajennya adalah daging. Kalau sampai ga ngasih sesajen, siap-siap buaya buntung dateng ke mimpi, deh. Dan besoknya pasti bakal ada kejadian horor.

id.wikipedia.org

3. Bengawan Solo

Bengawan Solo termasuk salah satu sungai dengan legenda paling horor. Beberapa tempat di sepanjang aliran Bengawan Solo jadi tempat eksekusi orang-orang terduga PKI. Makanya, lumayan gampang sih nyari hantu di sini. Karena banyak arwah penasaran beredar di wilayah ini.

Selain hantu korban pembantaian, Bengawan Solo juga punya legenda bunga elo. Legendanya, siapa saja yang beruntung lihat bunga elo, harapan dan keinginannya bakal terkabul.

id.wikipedia.org

4. Mentaya

Beberapa tahun lalu, Mentaya sempat dijadikan tempat pembuangan mayat kerusuhan Sampit. Jadi, ada saja penampakan di kawasan sepanjang aliran Mentaya ini. Selain itu, ada kerajaan mahkluk astral di Mentaya. Legenda itu jadi cerita turun-menurun di masyarakat sekitar Mentaya.

Kerajaan ini kadang minta dihormati manusia. Jika tidak, ada saja kejadian aneh di sungai. Untungnya, bentuk penghormatannya ga neko-neko. Jadi warga ga terlalu mempermasalahkan. Tapi kalau ga ada penghormatan, Mentaya bisa minta korban. Biasanya korban meninggal atau kapal akan rusak.

id.wikipedia.org

5. Kapuas

Sungai ini hampir tiap tahun memakan korban. Rata-rata korbannya adalah anak-anak. Kawasan Kapuas ini terkenal ada penunggu berbentuk ular. Ular ini berukuran besar dan panjang. Panjang ular ini bisa sampai 100-an kilometer.

Salah satu kawasan Kapuas memiliki legenda air terjun. Konon waktu sungai mengalami pasang, bakal keluar air terjun tujuh tingkat. Katanya di air terjun itu ada benda pusaka misterius.