11 Wanita Hebat dari Seluruh Penjuru Dunia, Penemu Kukis Hingga Fisikawan

Jumlah penemu berjenis kelamin wanita memang tidak sebanyak pria. Tapi boleh bangga, boleh juga jadi inspirasi.

Josephine Cochrane, penemu pencuci piring otomatis

Berangkat dari ingin cepat dalam mencuci piring tanpa merusak piring. Josephine memutuskan menciptakan mesin tersebut. Tahun 1917, ia membuat pabrik alat ini dan mematenkannya.

express.co.uk

Sarah Tabitha Babbitt, penemu gergaji bergerigi bundar

Di dekat rumahnya di Amerika, ia melihat dua orang sedang memotong kayu. Gergaji yang digunakan harus digerakkan oleh dua orang di dua sisi. Kemudian ia membuat circular saw atau gergaji bergerigi bundar. Agar gergaji bisa digerakkan dengan satu orang saja.

alchetron.com

Ruth Wakefield, penemu kukis coklat

Awalnya, ia salah memasukkan bahan dalam resep membuat kue cokelat. Kemudian pada tahun 1930 itu, jadilah kukis cokelat. Lalu resep tersebut dibeli oleh Nestle karena inovasi yang dibuat dari kesalahan resep.

pinterest.com

Stephanie Kwolek, menemukan serat untuk rompi antipeluru

Serat ini disebut kevlar. Serat yang ringan dan punya kekuatan 5 kali lebih kuat daripada baja. Ditemukan tahun 1965. Kemudian serat ini jadi lapisan antipeluru dan perangkat ponsel dan pesawat.

zientziakaiera.eus

Mary Anderson, penemu wiper mobil

Saat musim salju dalam perjalanan menuju New York, ia melihat supirnya membersihkan jendela. Supirnya membersihkan dengan lap. Ia kemudian menciptakan wiper dengan penanda tahun 1903.

timetoast.com

DR Shirley Ann Jackson, penemu Call ID

Ia seorang fisikawan perempuan keturunan Afro-Amerika yang pertama mendapat gelar Philosophy Doctor atau PH.d. Pada tahun 1970, ia melakukan penelitian. Lalu menemukan Caller ID dan Call Waiting pada telepon. 

Dari penemuannya, berkembang penemuan lain seperti fax portable, kabel serat optik, sel surya dan lain-lain.

masonreport.com

Mary Phelps Jacob, penemu bra

Wanita tanpa punya bra, kayaknya kurang wanita banget. Penemu bra ini saat berumur 19 tahun merasa risih dengan penampakan yang tembus di dadanya dari luar baju. 

Kemudian ia meminta asisten rumah tangganya membawa dua sapu tangan dan pita. Kemudian dibentuk seperti bra. Temuan ini dibuat tahun 1914.

blog.catherinejane.com

Theora Stephens, menemukan alat pengeriting rambut

Buat cewek nih, alat pengeriting rambut memang populer. Kamu harus tahu penemunya siapa. Theodora Stephens seorang penata rambut keturunan Afro-Amerika menemukan alat ini tahun 1980. 

Alat pengeriting rambut ini populer di dunia fashion

bustle.com

Anna Connelly, menemukan tangga darurat

Kebayang nggak sih kalo gedung nggak ada tangga daruratnya? Ini berkat temuan Anna Connely. Ia mematenkan temuannya pada tahun 1887.

pinterest.com

Ada Lovelace, penemu algoritma komputer

Seorang matematikawan wanita dari Inggris. Lahir tahun 1815 dan menemukan algoritma untuk program komputer. Pertama kali menuliskan tentang algoritma mesin. 

Ia meninggal pada tahun 1852, saat masih berusia 36 tahun. Lebih dari satu abad kontribusinya pada ilmu dan teknologi diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Hari ini dinamakan Ada Lovelace Day.

unboundworlds.com

Hady Lamar, penemu jaringan nirkabel

Hady Lamar merupakan aktris Hollywood yang juga ilmuwan. Sepanjang Perang Dunia II, bersama George Anthell, ia menciptakan sistem radio untuk panduan gerakan. Ini dicipkatan untuk mencegah terjadi badai serangan lawan. Tetapi setelah mengalami kesulitan teknis, penemuan ini tidak digunakan hingga tahun 1962. Sistem nir kabel ini adalah penemuan awal dari Bluetooth dan wifi. 

vanityfair.com