5 Kuliner yang Wajib Dibeli Saat di Pecinan Pancoran

Kenapa wajib? Karena jajanan ini dirindukan banyak orang. Nggak banyak juga yang jual, jadi semua berebut beli.

Kawasan Pecinan berada di Petak Sembilan, Pasar Glodok, Pancoran. Nggak hanya pusat belanja alat elektronik saja. Tapi, jual beberapa kuliner yang sering dirindukan. 

Kenapa disebut Pecinan? Karena dulu memang sebagian besar dihuni etnis Tionghoa. Jadi disebutnya begitu sampai sekarang. Beberapa makanan yang dijual memang nggak halal. Tapi lebih banyak yang halal kok. Tenang aja, jangan insecure. Ini 5 kuliner yang bisa dibeli dan halal. Coba deh simak.

1. Sate Padang Petak Sembilan

Sate padang ini buka sejak 1975. Udah berpengalaman ngolah racikan satenya. 

Tempatnya memang nggak bisa memuat banyak orang. Tapi gerobak yang khas mudah dikenali. Jangan sampe kehabisan ya.

Kamu tinggal request mau tusukan sate berupa daging, jeroan, paru, lidah dan lain-lain. Rasanya menggigit. Daging empuk dengan aroma rempah. Dikucuri bumbu kuning melimpah. Hmm, sedap.

youtube

2. Cong Fan

Jangan kesorean ya kalo mau jajan Cong Fan. Soalnya makanan ini laris manis. Jadi nggak buka sampe sore. 

Cong fan mirip dengan kwetiau. Bedanya, adonan lebih tipis dan lebar. Terbuat dari tepung beras dan sedikit tepung kanji. Di sini disebut Ci Cong Fan karena dijual di atas gerobak. Nggak seperti jajan di restoran. 

Tepatnya, cong fan gerobak ini ada di depan Gang Kalimati. Makanan yang disajikan polosan, hanya digunting-gunting. Diberi kecap asin, sambal dan taburan bawang goreng. Rasanya? Jajan aja yuk.

deskgram.com

3. Mipan

Jajanan ini mirip dengan bubur sumsum. Sama-sama terbuat dari adonan tepung beras. Tapi teksturnya kenyal dan ditaburi bawang putih goreng. Belum lagi bermandikan saus gula merah. 

Rasanya unik. Gurih, manis dan lembut di mulut.

myfunfooddiary.com

4. Kopi Es Tak Kie

Es ini terbuat dari racikan 5 jenis kopi Lampung. Tempatnya agak tersembunyi. Jadi mesti teliti kalo nyari minuman ini. Bangunan yang ditempati sudah berdiri sejak 1927. Jadi bisa jadi ikon pada era tersebut. Kesannya sudah termakan usia. Cat dinding mulai menguning.

Satu sisi dinding dipenuhi foto-foto orang terkenal. Dari presiden sampe kuliner reviewer. Kalau pesen makanan, daripada ragu, mending pesen kopi aja. Takutnya nanti nggak dianggap halal. 

Kalo kopi sih nggak masalah. Rasanya memang berbeda. Untuk rasa yang spesial, pilih jajan saat sepi. Karena nggak banyak yang pesen dan bisa dibuat dengan spesial.

hot.detik.com

5. Pantjoran Tea House

Tempatnya pas dipojok gang. Kesannya tua nggak lekang oleh waktu. Gedung tua ini berdiri sejak tahun 1635. 

Cafe ini bisa jadi tempat istirahat setelah belanja. Didalam meskipun sentuhannya lawas, tapi terasa adem. Berbagai pernik bersejarah dan ikonik dipamerkan disana. 

Berbagai jenis teh bisa dipilih. Mulai dari Chinese tea, Japanese tea, dan Indonesian premium tea. Untuk makanan, berbagai jenis dim sum, siomay dan lumpia bisa jadi kudapan. 

Lima tempat kuliner ini menggoda indera perasa. Nggak ada yang nggak enak. Semuanya istimewa!

nowjakarta.com