Eksperimen Mencari Kehidupan Setelah Mati

Ada beberapa eksperimen sains yang dianggap berhasil memberikan penjelasan kecil. Tapi ada juga eksperimen lain yang dianggap enggak jelas. Yuk cek beberapa eksperimen kehidupan setelah mati.

Manusia dan ilmu pengetahuan pasti penasaran sama apa yang terjadi setelah mati. Banyak banget pertanyaan yang jadi motivasi manusia buat mendeteksi kehidupan setelah mati. 

1. Eksperimen Electronic Voice Phenomena (EVP)

Eksperimen EVP adalah eksperimen yang merekam suara tapi sumbernya suaranya enggak jelas. Suara yang masuk di EVP biasanya enggak kedengaran pas direkam. Tapi begitu rekaman diputar, ada suara lain yang ikut masuk.

Banyak orang bermasalah dengan eksperimen EVP. Bagi mereka, eksperimen EVP ini cuma masalah alat rekam atau imajinasi. Ekperimen EVP ini pernah jadi insprasi film yang judulnya ‘White Noise’.

2. Eksperimen menimbang ruh manusia

Tahun 1907, seorang ilmuwan bikin eksperimen untuk ngukur berat ruh manusia. Caranya dengan meletakkan 6 orang yang sekarat ke 6 kasur berbeda. Kasur ini adalah kasur khusus. Pas meninggal, 6 orang itu mengalami penurunan berat badan sebesar 21,3 gram. Angka 21,3 gram itu dianggap sebagai berat ruh manusia.

Sang ilmuwan enggak cuma ngukur berat ruh manusia. Tapi dia juga ngukur berat ruh anjing. Masalahnya, dia enggak menemukan penurunan berat badan pas anjingnya mati. Eksperimen menimbang ruh jadi inspirasi film yang judulnya ’21 Grams’.

3. Eksperimen Scole

Tahun 1993, empat peneliti dan seorang pengamat bikin rangkaian eksperimen di Norfolk Scole, Inggris. Eksperimen ini berjalan sampai 5 tahun. Ada 500 eksperimen yang dilakukan selama itu. Eksperimen panjang menghasilkan banyak banget rekaman audio. Setelah di Inggris, eksperimen ini pindah ke beberapa empat. Dari Amerika Serikat, lalu Irlandia, lalu Spanyol.

Pas di Amerika Serikat, ada ilmuwan NASA yang ikutan eksperimen Scole ini. Hasil rekaman audio dan pengalaman para peserta ngomong kalau banyak banget fenomena aneh selama eksperimen.

4. Eksperimen Helm Dewa

Penemu eksperimen ini bernama Michael Pesinger. Dia bikin helm yang sudah dimodifikasi. Helm modifikasi itu terus ditaruh di kepala orang yang jadi kelinci percobaan. Katanya, siapa yang pakai helm ini bakalan bisa ngerasain adanya mahkluk astral yang akan ada di samping si pemakai.

Tapi ada orang yang namanya Richard Dawkins yang nyoba pake helm ini. Tapi setelah pakai, dia ngaku kalau dia enggak ketemu atau berhubungan dengan mahkluk astral apapun.

5. Eksperimen Ghost Hunters

Ghost Hunters adalah nama serial yang tayang sejak tahun 2004. Di acara ini, ada tim yang menyelidiki sebuah tempat yang dianggap ada hantunya. Tim ini bawa banyak banget peralatan, dari pemindai medan elektromagnetik, kamera infra merah, dan banyak banget peralatan canggih lainnya.

Tim di acara ini ngomong kalau mereka punya rekaman banyak hal yang enggak logis dan mengarah ke aktivitas hantu. Tapi sayangnya banyak orang yang curiga dengan klaim mereka. Soalnya karena ini acara televisi yang artinya perlu suntikan dana dan ada proses editing.