Begini 9 Tanda-tanda Kalo Tubuh Kekurangan Vitamin

Tubuh itu bisa mengirim informasi. Termasuk saat kamu lagi kekurangan vitamin

Perhatiin deh tanda-tanda tersebut. Tubuh memang kadang terasa baik-baik saja. Nggak ngerasain sakit. Tapi, secara tersembunyi tubuh mengirim tanda-tanda kalo tubuhmu kurang vitamin. Segera penuhi nutrisinya, biar nggak berkepanjangan. 

1. Muncul butiran putih seperti ketombe, tanda kurangnya asam lemak

Mungkin dengan segera mikir kalo itu ketombe. Tapi bukan. Ketika menggaruk kepala tanpa merasakan gatal. Trus bertaburan butiran putih dari kepala. Itu adalah pertanda kekurangan asam lemak. Artinya kamu butuh mengkonsumsi asam lemak esensial atau omega 3. Zat tersebut tersedia di ikan atau walnut. 

Usahakan untuk makan ikan 2 kali dalam seminggu. Biar tubuh terpenuhi semua nutrisinya.

portaljabar.com

2. Rambut rapuh dan rontok, tanda kurang vitamin B dan folat

Kemungkinan kamu sedang kekurangan vitamin B. Mungkin juga kekurangan asam folat. Ini menyebabkan rambut menipis dan rapuh. 

Folat bisa ditemukan dalam biji-bijian. Atau secangkir nasi putih bisa menambah kekurangan zat tersebut. Kalo sedang diet mengurangi karbohidrat. Maka bisa memakan bayam mentah atau asparagus rebus.

rambutrontokparah.com

3. Kurang tembaga maka rambut memutih

Jika beberapa bagian rambut memutih maka periksa asupan tembaga. Tembaga berperan dalam produksi melanin yang memberi warna rambut. 

Untuk memenuhi kekurangan zat tembaga dalam tubuh. Kamu bisa memakan kerang, tiram, jamur. 

manjadda.com

4. Retak pada dua sisi dan luka di mulut

Kemungkinan kamu kurang vitamin B12. Untuk memperbaiki, minum suplemen yang mengandung vitamin B12. Atau mengkonsumsi daging unggas, daging merah tanpa lemak dan telur. Jika vegetarian, kita bisa meminum susu, sereal, dan lainnya. 

madasilia.com

5. Bintik-bintik di lengan belakang

Ini tanda kurang zinc dan vitamin A. Dapatkan zinc pada daging unggas dan biji labu. Sedangkan vitamin A bisa didapatkan dari ubi jalar dan melon. Kedua zat ini baik untuk menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki luka. 

healthybeautyroom.com

6. Kuku menebal dan berbintik putih

Kemungkinan disebabkan oleh asam lambung. Jumlah asam lambung yang tidak memadai. Ini juga tampak seperti kekurangan vitamin. Penyebab lainnya adalah meminum obat asam lambung yang dijual bebas. Obat tersebut bisa menurunkan asam lambung berlebihan.

Untum mengatasinya, kamu bisa minum cuka apel ditambah air matang. Bonusnya bisa menghilangkan kembung setelah makan.

readersdigest.ca

7. Merasakan letih

Kamu kurang vitamin D saat merasakan letih. Meskipun cukup tidur. Dokter memang manyarankan mengonsumsi sedikit kadar vitamin D. Tapi minum tambahan vitamin lewat susu atau yoghurt baik untuk menambah vitamin D. Ditambah lagi ikan sarden dan berjemur di bawah sinar matahari. 

Healthstatus.

8. Memar di kaki

Memar biasanya muncul karena menabrak benda yang tumpul. Tapi ini karena tubuh memberi tanda bahwa kamu kurang vitamin C. Vitamin C bermanfaat membuat kolagen yang terlibat dalam pembuatan pembuluh darah. 

Memar ini karena pembuluh kapiler yang terlalu lemah. Ditambah stress yang menguras pasokan vitamin C untuk tubuh. Apa yang harus dilakukan?

Makan buah sayur seperti stoberi, brokoli, mangga, jeruk.

johnyfit.com

9. Kaki kram

Kemungkinan kamu kurang sejumlah nutrisi. Antara lain kalsium, magnesium, elektrolit dalam waktu bersamaan. 

Coba aja makan biji labu, pisang, alpukat untuk menambah magnesium dalam tubuh. Untuk menambah kalsium bisa minum susu non perahan. Susu non perahan mengandung lebih banyak kalsium dibanding susu sapi. Tapi, susu sapi pun juga sah diminum. 



Pernah ngerasain tanda-tanda yang dikirim sama tubuhmu? Perhatiin segera ya. Soalnya takut berefek panjang buat kesehatan. 

running.competitor.com