Heboh Kopi Dicampur Sampo Bisa Atasi Rambut Rontok, Dokter Kulit Akhirnya Beri Komentar

Heboh Kopi Dicampur Sampo Bisa Atasi Rambut Rontok, Dokter Kulit Akhirnya Beri Komentar

Akhir-akhir ini, warganet sedang dihebohkan dengan sebuah tips untuk mengatasi rambut rontok, yakni dengan mencampurkan kopi sachet dengan sampo. Ramuan ini diakui ampuh mengatasi kerontokan rambut karena kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi.

Karena banyak yang penasaran dengan efektifitasnya, seorang Dermatologist sekaligus Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK pun buka suara.

Menurutnya, informasi yang mengatakan pencampuran kopi dengan sampo dalam mengatasi kerontokan rambut belum lah terbukti dalam penelitian.

Ilustrasi rambut rontok (pexels.com)

"Efek kopi yang diaplikasikan langsung ke rambut belum ada penelitiannya, apalagi yang dicampur dengan sampo, sehingga saat ini tidak dapat secara pasti disimpulkan efeknya," ujar dr. Arini dikutip dari suara.com, Rabu (6/10/2021).

Ia juga mengatakan bahwa semua bahan aktif seperti kafein jika diaplikasikan ke batang rambut tidaklah berguna. Sebab, bahan aktif memang tak bisa diserap maksimal kecuali jika diaplikasikan langsung ke akar rambut.

"Perlu dipikirkan juga bahwa bentuk sediaan leave on atau tanpa dibilas, akan memberikan penyerapan pada kulit kepala jauh lebih efektif dari pada sediaan wash-off atau harus dibilas," tutur dr. Arini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"