Mandi Air Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta? Yuks Cek

Benarkah mandi menggunakan air dingin itu dapat menurunkan berat badan? Untuk lebih jelasnya, simak yuks.

Mandi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk membersihkan diri, apalagi setelah melakukan aktivitas seharian, ya... walaupun masih banyak dari kalian yang meminimalkan mandi dengan 1 kali dalam sehari hahaha

Rupanya tak hanya untuk membersihkan badan saja lho gengs manfaat mandi itu, melainkan juga dapat menyehatkan tubuh lho.

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya bukan? Lebih sehat mana sih, mandi menggunakan air dingin atau mandi menggunakan air panas.

Dan jawabannya adalah mandi menggunakan air dingin. Kenapa? Dilansir dari Merdeka.com, menurut The Verge dalam studi yang dipublikasikan di Plos One mandi menggunakan air dingin 29 persen lebih rendah terkena resiko penyakit. Itu artinya, bisa dipastikan bahwa orang yang mandi dengan air dingin ini jarang merasa sakit.

Selain itu, masih ada beragam manfaat yang dapat kalian peroleh dari mandi menggunakan air dingin, seperti menurunkan berat badan misalnya dan masih banyak lainnya. 

Berikut manfaat yang bakalan kalian dapatkan saat kalian mencoba mandi dengan air dingin gengs:

Mandi (suara.com)

1. Mengurangi Lemak Berlebih

Saat tubuh bertahan di suhu yang dingin, ternyata hal tersebut juga mampu mengubah cara tubuh bermetabolisme. Pada suhu yang dingin, tubuh akan mengubah lemak kuning (lemak tidak sehat) menjadi lemak cokelat yang aktif.

Hal inilah yang memiliki peran penting dalam penurunan berat badan dan mengurangi lemak di tubuh. Tak hanya itu saja gengs, pada suhu yang dingin, tubuh juga akan membakar lebih banyak kalori di tubuh lhoo, ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan banyak energi untuk menjaganya dari kedinginan.

Orang yang menghabiskan dua jam per hari dengan mandi pada suhu dingin, akan kehilangan 0,5-1 kilogram dalam waktu enam minggu. Nah, bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Mengurangi lemak (fimela.com)

2. Menambah Energi

Ice Bucket Challenge kalian mungkin pernah mendengar tantangan itu bukan. Tantangan yang mengguyur badan menggunakan air es.

Ternyata tantangan ini bisa benar-benar menyegarkan tubuh lho. Hal ini terjadi karena efek shock dari dinginnya air es ini akan mengaktifkan endorphin/ hormon yang akan membuat seseorang merasa senang.

Efek lain dari endorphin ini yakni mampu merubah energi dan vitalitas secara cepat. Energi yang dihasilkan tersebut pun dapat bertahan lebih lama. Tak hanya itu, mandi menggunakan air dingin juga mampu mengurangi rasa lelah yang berlebihan gengs. Cobain dehh.

Menambah energi (insanmedika.co.id)

3. Membantu Menghilangkan Depresi

Stres berat akibat tugas yang menumpuk dari kantor? Cobain mandi air dingin di pagi hari deh gengs.

Pasalnya air dingin akan mengirimkan impuls listrik dalam jumlah yang sangat banyak dari syaraf ke otak, yang nantinya akan menghasilkan efek anti depresi. 

Jadi kalo kalian sedang merasa tertekan, mandi saja air dingin di pagi hari, pasti mood-mu sebentar lagi akan membaik.

Menghilangkan depresi (sehatly.com)

4. Cepat Memulihkan Rasa Capek Setelah Olahraga

Beberapa ahli menemukan bahwa mandi menggunakan air dingin ini dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi inflamansi.

Jadi jika kalian usai melakukan olahraga, sangat disarankan untuk mandi menggunakan air dingin gengs. Mandi menggunakan air dingin usai olahraga seperti melakukan latihan berat, dapat mengurangi rasa nyeri otot dan memulihkannya dalam waktu yang sangat cepat.

Rasa capek setelah olahraga pulih (idntimes.com)

5. Jarang Sakit

Mungkin banyak yang mengira bahwa mandi menggunakan air dingin ini gampang terkena penyakit, seperti flu.

Namun, pada kenyataannya hal ini tidak benar, justru mandi menggunakan air dingin ini dapat menjadikan kalian lebih sehat dan jarang sakit gengs.

Berdasarkan hasil studi, mandi menggunakan air dingin ini dapat mengurangi frekuensi sakit hingga 30%. Tak hanya itu, mandi menggunakan air dingin ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kalian saat penyakit menyerang.

Tuh bagaimana gengs, dahsyat kan ternyata manfaat dari mandi menggunakan air dingin selain hanya untuk menurunkan berat badan. Meski demikian, pada saat kondisi tubuh kalian tidak memungkinkan, sebaiknya jangan melakukan hal ini yaks. Semoga bermanfaat gengs.

Jarang terkena sakit (tribunnews.com)