Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Gak Suka Air

Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Gak Suka Air

Benci air adalah salah satu ciri kucing rumahan yang paling terkenal. Mereka sebisa mungkin akan menghindari basah dari hujan, cipratan air, atau ritual mandi. Kenapa ya?

Para ahli behavioris telah mengembangkan sejumlah teori untuk menjelaskan alasannya.  Ada yang berpendapat bahwa karena spesies ini berevolusi di iklim kering dan jarang terpapar sungai atau danau, air (kecuali untuk air minum) merupakan elemen yang tidak mereka kenal dan karenanya mereka hindari.

Namun, kemungkinan besar kucing tidak suka basah karena pengaruh air terhadap bulunya. Kucing adalah hewan rewel yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merawat diri sendiri. Bulu basah sangat tidak nyaman bagi kucing dan seringkali membutuhkan waktu lama untuk mengering. Bulu basah juga lebih berat dibandingkan bulu kering sehingga membuat kucing kurang gesit dan lebih mudah ditangkap predator.

Ada juga faktor guncangan. Jatuh secara tidak sengaja ke dalam bak mandi yang penuh, misalnya, bisa menjadi pengalaman yang menakutkan bagi kucing dan membuatnya takut terhadap air seumur hidupnya.

Meskipun demikian, banyak kucing yang senang bermain dengan air mengalir atau menetes, seperti dari keran. Para penganut paham behaviorisme percaya bahwa kucing tertarik dengan pergerakan air dan suara yang dihasilkannya, yang semuanya dapat merangsang dorongan naluri kucing untuk menangkap mangsa. Permainan seperti itu juga dapat diterima bahkan oleh kucing yang tidak menyukai air karena hanya kaki kucingnya yang basah.

Ekspresi lucu kucing saat dimandikan (bolububu.com)