Mengenal Apa Itu Tai Chi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Apa Itu Tai Chi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tai chi adalah gerakan meditasi yang juga disebut gerakan pengobatan. Latihan pikiran-tubuh yang berasal dari Tiongkok ini disebut sebagai seni bela diri yang mempunyai manfaat dalam mengobati atau mencegah banyak masalah kesehatan. Kamu dapat memulainya bahkan jika kamu tidak dalam kondisi prima atau dalam kondisi kesehatan terbaik.

Ketika melakukan Tai Chi, kamu melakukan gerakan tanpa jeda melalui serangkaian gerakan yang diberi nama sesuai dengan tindakan hewan - misalnya, "bangau putih melebarkan sayapnya" - atau gerakan seni bela diri, seperti "mengepakkan kedua telinga". 

Saat kamu bergerak, kamu bernapas dalam-dalam, memusatkan perhatianmu – seperti dalam beberapa jenis meditasi – pada sensasi tubuh. 

Perbedaan Tai Chi dengan Latihan Olahraga Lainnya

Tai chi berbeda dari jenis latihan lainnya dalam beberapa hal. Gerakannya biasanya melingkar dan tidak pernah dipaksakan, otot-ototnya rileks dan bukannya tegang, persendian tidak terentang atau tertekuk sepenuhnya, dan jaringan ikat tidak meregang. 

Tai chi dapat dengan mudah diadaptasi untuk siapa saja, mulai dari yang paling sehat hingga orang yang menggunakan kursi roda atau dalam masa pemulihan setelah operasi. Tai Chi juga kerap dilakukan untuk meningkatkan fungsi dan kualitas hidup pasien penyakit apa pun.

Manfaat Tai Chi untuk Kesehatan

Berbagai gerakan Tai Chi (qialance.com)

Tai chi memiliki banyak manfaat fisik dan emosional. Beberapa manfaat tai chi termasuk penurunan kecemasan dan depresi serta peningkatan kognisi. Latihan ini juga dapat membantumu mengatasi gejala beberapa penyakit kronis, seperti fibromyalgia atau penyakit paru obstruktif kronik. Berikut ini beberapa manfaat Tai Chi:

1. Mengurangi stres

Salah satu manfaat utama tai chi adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan, meskipun sebagian besar bukti masih bersifat anekdot.

2. Meningkatkan suasana hati

Tai chi dapat membantu meningkatkan mood jika kamu mengalami depresi atau cemas. Penelitian awal menunjukkan bahwa rutin berlatih tai chi dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Nafas dan gerakan yang lambat dan penuh perhatian diyakini memiliki efek positif pada sistem saraf dan hormon pengatur suasana hati.

3. Tidur yang lebih baik

Berlatih tai chi secara teratur dapat membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Para lansia lakukan olahraga Tai Chi(forbes.com)

4. Menurunkan Berat Badan

Berlatih tai chi secara teratur dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian melacak perubahan berat badan pada sekelompok orang dewasa yang berlatih tai chi lima kali seminggu selama 45 menit. Pada akhir 12 minggu, orang dewasa ini kehilangan berat badan lebih dari satu pon tanpa melakukan perubahan gaya hidup tambahan.

5. Meningkatkan kognisi pada orang dewasa yang lebih tua

Tai chi dapat meningkatkan kognisi pada orang dewasa lanjut usia dengan gangguan kognitif. Lebih khusus lagi, tai chi dapat membantu meningkatkan daya ingat dan keterampilan fungsi eksekutif seperti memperhatikan dan melaksanakan tugas-tugas kompleks.

6. Mengurangi risiko jatuh pada lansia

Tai chi dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan fungsi motorik, serta mengurangi rasa takut terjatuh pada orang lanjut usia. 

7. Mengurangi rasa sakit akibat radang sendi

Dalam studi skala kecil tahun 2010, 15 peserta penderita rheumatoid arthritis (RA) berlatih tai chi selama 12 minggu. Di akhir penelitian, para peserta melaporkan berkurangnya rasa sakit dan peningkatan mobilitas dan keseimbangan.

Itu tadi 7 manfaat Tai Chi bagi kesehatan yang ternyata keren banget. Kalian wajib coba olahraga ini deh!

Tai Chi yang dilakukan indoor (linisehat.com)