5 Tips Mudah Menyimpan Stroberi Agar Tetap Segar dan Tahan Lama Bisa Sampai 6 Bulan

Cara menyimpan stroberi agar tetap segar, salah satunya dengan membekukkan di freezer.

Buah stroberi banyak digemari karena rasanya yang manis segar dan serbaguna. Selain bisa dikonsumsi segar, stroberi juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk kue hingga diolah menjadi minuman. Tapi stroberi termasuk buah yang memiliki masa simpan pendek. 

Buah yang tinggi kandungan vitamin C-nya ini mudah busuk jika cara penyimpanannya kurang tepat. Meski begitu, stroberi juga bisa tahan lama bila disimpan dengan baik. Lantas bagaimana cara menyimpan stroberi agar tahan lama? Simak penjelasan berikut!

1. Jangan Cuci Stroberi

Stroberi sebaiknya tetap dibiarkan kering atau tidak dicuci sebelum disimpan sampai kamu siap menggunakannya. Sebab, buah ini cenderung menyerap air dan itu akan membuat daging buahnya menjadi lembab dan lunak sehingga memicu tumbuhnya jamur yang menyebabkan pembusukan. Jadi sebaiknya, simpan stroberi sekering mungkin.

2. Lapisi Wadah Penyimpanan

Simpan stroberi di wadah tempat kamu membelinya atau bisa dipindahkan ke penyimpanan lain. Namun disarankan untuk melapisi bagian bawah penyimpanannya dengan kertas atau handuk bersih. Ada alasan tertentu mengapa dibutuhkan alas bersih di wadah penyimpanan itu.

Sebab, hal ini akan membantu stroberi tetap kering dan segar selama disimpan. Kamu juga bisa menutup lagi bagian atas stroberi menggunakan kertas atau handuk. Selanjutnya, tutup wadah untuk menyimpan stroberi hinga benar-benar rapat agar tidak tercemar. 

3. Jangan Buang Batang Stroberi

Ilustrasi Stroberi (Kompas)

Jangan mencabut batang daun stroberi yang masih terdapat di buahnya jika ingin menyimpannya. Biarkan batang buah tersebut untuk ikut disimpan. Cara ini memaksimalkan umur simpan stroberi dan membuatnya tetap segar selama disimpan nantinya.

4. Simpan Di Kulkas

Kulkas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan stroberi. Bila disimpan dengan baik, maka kulkas bisa mempertahankan kesegaran stroberi tanpa ada yang busuk sampai 7 hari lamanya. Kamu pun bisa memasukkan wadah penyimpanan stroberi ke dalam kulkas. 

5. Bekukan Stroberi

Ilustrasi Batang Stroberi (Liputan Bangsa)

Untuk menyimpan stroberi lebih lama, kamu bisa membekukkannya di dalam freezer. Sebelum menyimpan stroberi di freezer, cuci bersih terlebih dahulu lalu tempatkan di saringan dan bilas dengan lembut di bawah air dingin sebelum membuang batangnya.

Setelahnya, masukkan stroberi segar ke dalam wadah tertutup yang sudah dilapisi kertas, sebelum disimpan ke dalam freezer. Stroberi beku ini dapat bertahan dalam keadaan segar hingga enam bulan ke depan. Bagaimana mudah bukan menyimpan stroberi agar tetap segar? Selamat mencoba ya!

Ilustrasi Stroberi Beku (IDN Times)