Nggak Kalah Enak, Ini Rekomendasi Cokelat Asli Indonesia yang Cocok Buat Oleh-Oleh

Kamu sudah tahu belum kalau ada rekomendasi cokelat asli Indonesia yang rasanya juga lezat banget?

Cokelat merupakan salah satu camilan manis yang disukai banyak orang, terutama anak-anak. Kalau di supermarket banyak dijual cokelat impor dari luar negeri yang rasanya enak. Kamu sudah tahu belum kalau ada cokelat asli Indonesia yang rasanya juga lezat banget.

Seperti yang diketahui, cokelat terbuat dari kakao yang mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia. Karena itulah, di Indonesia sendiri terdapat banyak tumbuhan kakao. Sehingga tidak heran banyak produk cokelat enak yang berasal dari Indonesia. Lantas, apa saja sih cokelat asli Indonesia yang direkomendasikan buat kamu?

1. Chocodot

Rekomendasi pertama ada Chocodot yang berasal dari Garut. Sudah berdiri sejak 2009, cokelat yang dikombinasi dengan dodol garut ini memiliki lebih dari 300 varian cokelat. Setidaknya ada 11 outlet yang tersebar di Indonesia. Kemasannya pun kekinian, jadi cocok banget kalau dijadikan oleh-oleh.

2. Cokelat Majapahit

Rekomendasi Cokelat Asli Indonesia (via detikcom)

Selain Chocodot, ada juga Cokelat Majapahit yang diproduksi di Desa Wisata Dlangu, Mojokerto. Produk ini memiliki varian yang beragam. Mulai dari cokelat susu, cokelat hitam, dan juga bubuk kakao. Kemasannya yang ala kerajaan jawa membuat Cokelat Majapahit terlihat begitu mewah.

3. Pipiltin Cocoa

Rekomendasi Cokelat Asli Indonesia (via mediaini)

Selanjutnya ada Pipiltin Cocoa yang berasal dari Bali. Produk cokelat lokal ini sering dibeli oleh para turis yang berkunjung ke Bali untuk dijadikan oleh-oleh. Ada dua varian cokelat yang disediakan, yakni paraline dan chocolate bar. Untuk harganya masih cukup terjangkau kok, yakni antara Rp50 ribu hingga Rp70 ribu saja.

4. Cokelat Monggo

Rekomendasi Cokelat Asli Indonesia (via detikFood)

Terakhir ada Cokelat Monggo yang meski produk lokal tetapi sudah masuk pasar internasional, lho. Kemasannya yang premium membuat cokelat ini banyak diminati masyarakat. Ada banyak varian yang ditawarkan yang enak dinikmati bersama keluarga. Di antaranya seperti rasa cabai, durian, jeruk, jahe, hingga pala.

Itu tadi beberapa rekomendasi cokelat  asli Indonesia yang rasanya nggak kalah enak dengan cokelat import. Beli untuk oleh-oleh, yuk dan majukan UMKM Indonesia.

Rekomendasi Cokelat Asli Indonesia (via Impessa.id)