Kenyal Hingga Lembut, Inilah 6 Jenis Mie Asal Tiongkok yang Perlu Kamu Coba

Beragam jenis-jenis mie Tiongkok menawarkan menawarkan pengalaman makan yang unik dan yang menggugah selera. Apakah kamu sudah mencobanya?

Mie Tiongkok telah menjadi salah satu ikon kuliner yang mendunia, memanjakan lidah para pecinta masakan Asia dengan beragam tekstur dan rasa yang khas. Dari mie  yang panjang dan kenyal hingga mie yang tipis dan lembut, ada berbagi jenis-jenis mie Tiongkok yang menawarkan pengalaman makan unik dan menggugah selera. Yuk, kenali lebih dalam beberapa jenis mie asli Tiongkok yang perlu kamu coba.

1. Mie La Mian

Jenis mie Tiongkok yang pertama adalah la mian yang berarti mie yang ditarik dengan tangan. Mie ini dibuat secara manual hingga menjadi berbentuk panjang dan tipis. Dengan bahan dasar tepung terigu, garam, dan air, mie ini bertekstur lebih kenyal serta licin. Biasanya mie ini ditambahkan ke dalam sup kaldu panas atau digoreng dengan berbagai daging dan topping.

2. Mie Lo Mein

Jenis-jenis Mie Tiongkok (via Qraved)

Mie lo mein adalah jenis mie telur Tiongkok yang panjang dan berbentuk pipih. Dengan tektur yang lebih lembut dan lebih halus dari mie chow mein. Penyajiannya adalah dengan merebus mie lalu ditambahkan dengan saus yang kaya rasa dan dicampur dengan daging, sayuran, atau seafood di dalam wajan, baru disajikan.

3. Mie Chow Mein

Jenis-jenis Mie Tiongkok (via cookpad.com)

Mirip dengan lo mein, mie chow mein juga merupakan mie yang panjang dan pipih. Namun biasanya lebih kering karena digoreng. Mie yang dibuat dari campuran tepung terigu, telur dan air ini biasanya disajikan dengan sayuran, daging, dan saus.

4. Mi Xian

Jenis-jenis Mie Tiongkok (via Natasha's)

Mie xian atau mie beras yunnan dibuat dari campuran beras dan air yang umumnya berbentuk mirip dengan spaghetti. Ada banyak masakan yang menggunakan mie ini, yang paling populer adalah mie yang direndam dengan kaldu dengan tambahan jahe dan rempah yang di atasnya diberi irisan daging serta sawi. 

5. Mie Fen

Jenis-jenis Mie Tiongkok (via OpenRice Malaysia)

Mie fen atau bihun beras juga banyak ditemukan di Indonesia. Teksturnya yang berwarna putih, tipis, dan mudah hancur ini hanya perlu direndam dalam air panas jika ingin digunakan. Mie ini digunakan dalam berbagai jenis masakan, mulai dari tumis hingga sup.

6. Mi Sua

Jenis-jenis Mie Tiongkok (via Muji)

Mie yang terbuat dari bahan dasar gandum ini berbentuk tipis memanjang. Mie dengan tekstur lembut ini biasanya dihidangkan di hari ulang tahun sebagai penanda umur yang panjang. Tidak heran, karena Mie Sua dibuat dengan tangan yang jika direntangkan panjangnya bisa mencapai 30 meter!

Dari yang kenyal hingga lembut, itulah jenis-jenis mie  Tiongkok yang menggugah selera dan sudah banyak beredar di Indonesia. Cicipi berbagai jenis mie di atas untuk merasakan kekayaan kuliner Tiongkok yang autentik dan lezat.

Jenis-jenis Mie Tiongkok (via Makansutra)