4 Manfaat Beras Shirataki, Alternatif Pengganti Beras Putih yang Baik untuk Kesehatan

Beras shirataki telah lama menjadi alternatif pengganti beras putih yang baik. Bukan tanpa alasan, manfaat beras shirataki bagi kesehatan ternyata sangat banyak.

Beras shirataki telah lama menjadi alternatif pengganti beras putih yang baik. Bukan tanpa alasan, manfaat beras shirataki bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Beras shirataki atau juga dikenal sebagai beras konjac adalah jenis beras yang terbuat dari umbi tanaman konjac.

Umbi tersebut kaya akan serat larut yang disebut glucomannan, yang mempunyai beragam manfaat bagi kesehatanmu. Inilah 4 manfaat baik beras shirataki bagi kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat beras shirataki adalah kemampuannya untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Glucomannan, serat larut yang terkandung dalam beras ini, dapat membantu mengontrol nafsu makanmu dengan menyerap air dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, kamu cenderung makan lebih sedikit dan mengurangi asupan kalori, yang pada akhirnya dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

2. Membantu Mengatur Gula Darah

Manfaat Beras Shirataki (via KONTAN)

Bagi kamu yang mengidap diabetes atau memiliki risiko penyakit tersebut, konsumsi beras shirataki juga dapat memberikan manfaat. Glucomannan dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan, sehingga mengurangi lonjakan gula darah setelah makan. Dengan kata lain, mengonsumsi shirataki dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Beras Shirataki (via Alodokter)

Serat larut dalam beras shirataki juga dapat berkontribusi pada kesehatan jantung. Glucomannan telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Dengan mengurangi kadar kolesterol jahat, kamu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Membantu Pencernaan yang Sehat

Manfaat Beras Shirataki (via Hermina Hospitals)

Last but not least, beras shirataki juga baik untuk kesehatan pencernaanmu. Serat larut dalam glucomannan tidak hanya membantu mengatasi sembelit dengan meningkatkan volume dan tekstur tinja, tetapi juga berperan dalam mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik ini penting untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuhmu.

Dengan semua manfaat beras  shirataki yang ditawarkan, tidak mengherankan jika beras ini semakin populer sebagai alternatif sehat pengganti beras putih tradisional. Dengan mengonsumsi beras shirataki dalam menu sehari-hari, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam.

Manfaat Beras Shirataki (via Enesis)