Kenali 6 Gejala Stres yang Bisa Kamu Alami di Tempat Kerja

Bagi karyawan, saat tuntutan pekerjaan semakin meningkat dan menghadapi perubahan yang konstan dapat menimbulkan menimbulkan stres di tempat kerja.

Sebagai seorang wanita karir, kamu mungkin pernah mengalami stres  di tempat kerja. Saat tuntutan pekerjaan semakin meningkat, tekanan untuk mencapai target, bersaing dengan rekan kerja, dan menghadapi perubahan yang konstan dapat menimbulkan beban yang berat bagi karyawan sehingga rawan menimbulkan stres di tempat kerja. Stres yang kamu alami, bisa memiliki dampak serius pada kesehatan tubuh dan mental. Untuk membantu kamu mengidentifikasi gejalanya, berikut adalah beberapa tanda yang sering muncul.

1. Kesulitan Konsentrasi

Kamu merasa sulit untuk fokus dan berkonsentrasi pada tugas yang harus dilakukan. Pikiranmu mungkin terbagi antara pekerjaan, masalah pribadi, dan tekanan dari lingkungan kerja. Salah satu penyebab yang paling sering terjadi jika terlalu banyak beban kerja yang harus kamu selesaikan dengan waktu yang sedikit.

2. Perubahan Mood dan Kesulitan Komunikasi

Stres di Tempat Kerja (via Link UMKM)

Kamu merasa cepat tersinggung, mudah marah, atau cenderung gelisah. Perubahan mood yang drastis ini bisa menjadi indikator stres yang sedang kamu alami di tempat kerja. Perubahan mood ini berakibat sulitnya berinteraksi dengan rekan kerja atau atasanmu. Komunikasi yang biasanya lancar menjadi terhambat, dan kamu merasa enggan untuk berpartisipasi dalam diskusi atau proyek bersama.

3. Kecemasan yang Berlebihan

Stres di Tempat Kerja (via CNN Indonesia)

Kamu merasa cemas atau khawatir secara berlebihan terhadap pekerjaanmu, bahkan hal-hal yang seharusnya tidak menjadi beban pikiranmu. Bisa jadi kamu mencemaskan penilaian akan kinerjamu, padahal semua yang kamu lakukan baik dan dapat diterima atasan.

4. Gangguan Tidur

Stres di Tempat Kerja (via IDN Times)

Kesulitan tidur atau gangguan tidur seperti insomnia sering kali terjadi ketika seseorang mengalami stres di tempat kerja. Kamu pasti pernah mengalami saat tubuh berada di rumah tetapi pikiran berlarian ke tempat kerja. Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena pikiran yang terus-menerus terganggu oleh kekhawatiran dapat mengganggu pola tidurmu.

5. Penurunan Produktivitas

Stres di Tempat Kerja (via Alomedika)

Meskipun kamu berusaha keras, namun produktivitasmu menurun. Pekerjaan yang biasanya kamu lakukan dengan cepat dan efisien, menjadi lebih lambat dan kurang efektif. Saat itulah kamu mulai waspada karena mungkin saja tingkat stresmu meningkat. 

6. Munculnya Gejala Fisik

Stres di Tempat Kerja (via iNews)

Stres di tempat kerja juga bisa menimbulkan gejala fisik seperti sakit kepala, sakit perut, atau ketegangan otot. Jika kamu merasa sering mengalami gejala-gejala ini tanpa penyebab yang jelas, mungkin itu adalah pertanda bahwa kamu sedang mengalami stres di tempat kerja.

Penting untuk diingat bahwa stres  di tempat kerja adalah hal yang umum terjadi. Namun kamu juga harus mencari cara untuk mengelola stres dan jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika memang dibutuhkan.

Stres di Tempat Kerja (via Bank Sinarmas)