Kamu Wajib Tahu! Tips Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan terus terpapar sinar matahari? Kalau begitu kamu perlu banget tahu tips mengatasi kulit belang berikut ini.

Kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan terus terpapar sinar matahari? Apakah warna kulit jadi tidak merata karena terlalu lama terpapar sinar UV tanpa perlindungan? Kalau begitu kamu perlu banget tahu tips mengatasi kulit belang berikut ini.

Perlu diketahui, terlalu lama berada di luar ruangan bisa membuat kulit menjadi belang. Tidak hanya kulit wajah saja yang bisa mengalaminya, tetapi kulit di tubuh bagian lain pun juga bisa mengalami hal serupa.

Nah, karena kulit belang bisa membuat kamu kurang nyaman dalam berpenampilan. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya yang bisa kamu terapkan. Apa saja?

1. Pakai Baju Panjang

Cara pertama agar kulit kamu tidak belang karena paparan sinat matahari adalah dengan memakai baju panjang. Kamu bisa memakai celana panjang dan baju lengan panjang agar untuk mengatasi kulit belang. Pilih pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat melindungi kulit. Dengan begitu, kulit belang perlahan akan teratasi.

Meski demikian, perlu dipahami bahwa baju panjang tidak benar-benar melindungi dari sinar matahari. Sinar UV masih bisa menembus baju dan menimbulkan kerusakan kulit. Karenanya, kamu tetap perlu menggunakan tabir surya di seluruh permukaan kulit. 

2. Gunakan Krim Pemutih

Tips Mengatasi Kulit Belang (via kumparan)

Selain memakai baju panjang, kamu juga bisa menggunakan krim pemutih dengan kandungan retinol untuk mengatasi kulit belang. Retinol bekerja dengan cara masuk ke dalam lapisan kulit untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu, produk kolagen akan meningkat, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

3. Eksfoliasi Kulit

Tips Mengatasi Kulit Belang (via Alodokter)

Kulit belang juga bisa diatasi dengan cara rutin melakukan eksfoliasi kulit dengan luluran. Luluran bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Namun kalau kamu memiliki masalah kulit berjerawat, maka cara ini justru bisa membuat kulit iritasi dan semakin belang.

Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi kimia. Cara ini bekerja menggunakan senyawa kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Setelah itu, sel kulit baru yang lebih halus akan muncul menggantikan sel kulit yang lama. Hanya saja, cara ini harus kamu lakukan dengan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Sebab, eksfoliasi kimia dapat memicu hiperpigmentasi.

Itu tadi beberapa tips mengatasi kulit belang akibat sinar matahari . Untuk beberapa cara memang bisa kamu lakukan sendiri. Namun ada juga yang harus didampingi dokter ahli supaya lebih aman.

Tips Mengatasi Kulit Belang (via Merdeka.com)