Bekal Ramadan: Tips Menjaga Kesehatan di Perjalanan Mudik

Memahami tips menjaga kesehatan saat perjalanan mudik sangat penting agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Seringkali disepelekan, faktanya setiap orang perlu memahami tips menjaga kesehatan saat perjalanan mudik. Pasalnya, terutama jika jarak yang ditempuh cukup jauh, perjalanan ini bisa cukup berisiko bagi kesehatan. Bukan hanya faktor kelelahan dan paparan buruk lingkungan, para pemudik juga bisa mengalami stres akibat kepadatan lalu lintas yang mungkin lebih tinggi dari hari biasa.

Terkait hal ini, dosen sekolah tinggi kesehatan di Cirebon, Marwati, Ners, M.Kep., memberikan beberapa saran dan tips. Mengingat kebanyakan pemudik biasanya melakukan perjalanan dalam kondisi berpuasa, maka sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi saat sahur serta melakukan beberapa tips agar tubuh tetap bugar dan pikiran fokus lebih lama.

“Persiapan fisik sebelum berangkat, makanan sahur dengan gizi seimbang, hindari  makanan berlemak dan makanan  berat saat berbuka, istirahat cukup, asupan cairan cukup, perhatikan pola makan, dan melakukan aktifitas atau gerakan ringan di tempat duduk, membawa obat-obatan pribadi yang direkomendasikan dokter,” ungkapnya merinci hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mudik.

Marwati, Ners, M.Kep. (Doc Pribadi)

Selain itu, pemudik juga perlu waspada dengan beberapa gangguan kesehatan selama mudik. Beberapa masalah seperti sakit pada pinggang dan punggung,kelelahan, dehidrasi, mual,serta ISPA akibat polusi debu dan udara bisa mengganggu kenyamanan dan membuat perjalanan jadi tidak nyaman.

Jika rentan terhadap masalah-masalah tersebut, maka perlu persiapan khusus sebelum berangkat dan usahakan membawa obat yang sekiranya diperlukan. Lalu apa yang harus dilakukan jika pemudik mengalami masalah atau keluhan kesehatan saat berada dalam perjalanan?

“Istirahat cukup di tempat yang aman dan nyaman ,konsumsi makanan sehat, minum air putih cukup untuk mencegah dehidrasi ,minum obat sesuai dengan gejala sakit yang dialami,jika sakit tidak kunjung membaik segera periksa ke dokter,” ungkap Marwati.

Tips Menjaga Kesehatan di Perjalanan Mudik (via Viva)

Meski demikian, masalah-masalah tersebut pada dasarnya bisa dicegah jika kamu melakukan tindakan yang tepat. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan selama perjalanan dan jangan lupa pakai masker. Selain itu, usahakan makan makanan sehat,minum air putih cukup,istirahat cukup,olahraga teratur,hindari stress, dan konsultasi dengan dokter jika diperlukan.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kondisi tubuh begitu sampai di kampung halaman . Jangan biarkan tubuh yang sudah lelah berativitas terlalu berat karena hal ini bisa membuat kesehatan drop tanpa disadari.

“Sesampainya kampung halaman  istirahat terlebih dahulu baru melakukan aktivitas dengan seimbang, tidur yang cukup,konsumsi makanan dan minuman yang sehat,tetap menerapkan perilaku hidup sehat (cuci tangan sebelum dan sesudah makan atau ke toilet,menggunakan masker bila keluar rumah dan tidak membuang sampah sembarangan),” tutup Marwati.

Tips Menjaga Kesehatan di Perjalanan Mudik (via CNN Indonesia)