Bekal Ramadan: 5 Daerah Tujuan Mudik Terbanyak di Indonesia, Ada yang Didatangi 60 Juta Orang

5 Daerah yang menjadi tujuan mudik terbanyak di Indonesia, mulai dari Jawa Tengah sampai DKI Jakarta.

Tidak terasa, momen mudik Lebaran hanya tinggal menghitung hari saja. Mudik yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya terjadi sekitar hari ke-20 Ramadan atau satu minggu sebelum Lebaran. 

Idul Fitri sendiri merupakan momen yang sangat dinantikan. Tak hanya sebagai hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa, tapi momen Idul Fitri ini juga berarti libur panjang untuk para pekerja serta anak-anak sekolah. 

Karena hari libur inilah, banyak orang diperantauan yang akhirnya memilih untuk mudik ke kampung halaman. Momen Lebaran ini pun dimanfaatkan untuk bersilahturahmi berkumpul dengan keluarga sambil bermaaf-maafan.

Terkait hal ini, berdasarkan hasil survei potensi pergerakan angkutan yang sempat digelar Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diperkirakan ada 193,6 juta masyarakat yang melakukan perjalanan.

Baik masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman maupun masyarakat yang akan liburan pada libur Lebaran tahun ini. Lantas daerah mana yang menjadi tujuan pemudik terbanyak di Indonesia? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Jawa Tengah

Ilustrasi Mudik Lebaran (Kompas)

Jawa Tengah menjadi daerah terbanyak yang akan didatangi pemudik di tahun 2024 ini. Jawa Tengah diperkirakan bakal kehadiran 61,6 juta pemudik.

2. Jawa Timur

Kemudian disusul Jawa Timur yang diperkirakan bakal kedatangan 37 juta orang dari berbagai daerah untuk menghabiskan waktu di sana.

3. Jawa Barat

Selanjutnya, daerah di posisi ketiga yang menjadi tujuan mudik terbanyak adalah Jawa Barat. Diperkirakan Jawa Barat akan kedatangan 32 juta pemudik.

4. Yogyakarta

Lalu disusul kota Yogyakarta yang juga bakal ramai didatangi oleh pemudik. Kabarnya, akan ada 11 juta jiwa yang akan berkunjung ke Yogyakarta.

5. DKI Jakarta

Ilustrasi Pemudik Di Terminal (Radar Surabaya)

Di posisi berikutnya untuk daerah yang banyak dikunjungi saat mudik adalah DKI Jakarta. Hasil survey mengatakan DKI Jakarta akan didatangi 6,4 juta pemudik.

Berdasarkan hasil survei yang sama, disebutkan pula kendaraan yang akan paling banyak digunakan saat mudik Lebaran tahun ini adalah kereta api. Diprediksi sekitar 39,32 juta orang atau 20,30 persen pemudik memilih menggunakan kereta api. 

Sementara sebanyak 37,61 juta orang atau 19,37 persen pemudik menggunakan bus. Pemudik yang mengendarai mobil pribadi sebanyak 35,42 juta orang atau 18,29 persen dan pemudik yang menggunakan sepeda motor 31,12 juta orang atau 16,07 persen.

Pemudik Di Stasiun Kereta (Tribrata News)