7 Lagu Religi Islami Paling Populer yang Bikin Nostalgia, Liriknya Bisa Menenangkan Hati

Lagu religi Islami yang paling populer dan bisa membuat pendengarnya bernostalgia salah satunya Ramadan Tiba.

Bulan Ramadan tidak lengkap rasanya tanpa mendengarkan lagu religi. Hal ini karena bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa, selain itu juga momen yang tepat untuk mengingat Allah SWT dan semua ajaran-ajarannya.

Lagu religi Islami sendiri merupakan lagu yang terikat ajaran-ajaran agama Islam. Tak hanya itu, lagu religi Islamin ini juga bisa menjadi media dakwah untuk mengajarkan tentang agama Islam dengan cara yang menyenangkan.

Kandungan lirik yang terdapat pada lagu religi pun sangat menyentuh dan menyejukkan hati. Berikut ini 7 lagu religi terpopuler dan mampu membangkitkan nostalgia para pendengarnya. Apa saja lagu itu? Yuk scroll!

1. Para Pencari-Mu (Ungu)

Para Pencari-Mu dari band Ungu seakan sudah menjadi lagu wajib untuk Ramadan. Hal ini setelah lagu tersebut menjadi soundtrack dari sinetron Para Pencari Tuhan yang tayang setiap tahun. Para Pencari-Mu menceritakan soal proses pencarian seorang hamba untuk bisa menemukan Tuhannya, Allah SWT.

2. Andai Ku Tahu (Ungu)

Selain Para Pencari-Mu, Ungu juga memiliki lagu religi lainnya yang biasa jadi hits di bulan Ramadhan, salah satunya Andai Ku Tahu. Lagu yang sempat trending di tahun 2012 ini berisi tentang ketakutan seorang hamba akan waktu kematiannya. 

3. Insha Allah (Maher Zain)

Lagu Para Pencari-Mu dari Ungu (YouTube)

Insha Allah termasuk salah satu lagu religi paling populer milik Maher Zain yang sering diperdengarkan saat Ramadan tiba. Lagu Insha Allah bermakna tentang bagimana kita harus tetap sabar dan tegar dalam menghadapi ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT.

4. Aisyah Istri Rasulullah (Syakir Daulay)

Aisyah Istri Rasulullah yang dibawakan Syakir Daulay juga termasuk salah satu lagu religi Islam populer. Di YouTube, lagu itu sudah mendapatkan 100 juta view sejak dirilis. Selain itu, banyak musisi yang meng-cover lagu Aisyah Istri Rasulullah. Liriknya menceritakan romantisme cinta Aisyah yang menemani Rasulullah hingga akhir hayatnya.

5. Ramadhan Tiba (Opick)

Lagu Insha Allah dari Maher Zain (YouTube)

Tidak lengkap rasanya menyambut Ramadhan tanpa iringan lagu dari Opick ini. Lagu religi Islam terbaik yang dirilis di tahun 2008 ini dengan cepat diingat masyarakat karena musik dan liriknya yang sederhana. Ramadan Tiba bermakna ajakan untuk merenungkan arti Ramadan dan meningkatkan ibadah selama bulan yang penuh berkah ini.

6. Tombo Ati (Opick)

Selain Ramadan Tiba, salah satu lagu wajib saat bulan Ramadan dari Opick adalah Tombo Ati. Single yang rilis pada 2005 ini tentang 5 perkara yang bisa dilakukan untuk mengobati hati, sebuah falsafah dalam budaya Islam Jawa.

7. Ramadan Datang (Tompi)

Sejak dirilis pada 2014 lalu, lagu religi berjudul Ramadan Datang yang dinyanyikan Tompi ini salah satu yang paling sering diputar selama bulan Puasa. Liriknya yang ceria dilantunkan dengan suara unik Tompi menjadi begitu khas. Lagu ini bermakna ajakan untuk menghayati puasa.

Lagu Ramadan Tiba dari Opick (YouTube)