Bekal Ramadan: Tips Puasa untuk Ibu Hamil, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Ada sejumlah tips puasa untuk ibu hamil menurut kesehatan yang perlu diperhatikan. Yuk simak agar ibadah di bulan Ramadan tetap aman, nyaman, dan lancar!

Sebenarnya boleh nggak sih ibu hamil berpuasa? Apakah perubahan pola makan akan berpengaruh pada kondisi kesehatan ibu dan janin? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin seringkali muncul dan jadi perdebatan di kalangan pakar kesehatan. Terkait hal ini, Marwati, Ners, M.Kep., selaku dosen sekolah tinggi kesehatan di Cirebon menjelaskan bahwa puasa hamil sebenarnya tetap diperbolehkan berpuasa selama dalam kondisi sehat.

“Ibu hamil diperbolehkan menjalani  puasa apabila telah mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan, pada umumnya dokter akan memperbolehkan ibu hamil untuk berpuasa apabila keadaan kandungan  dalam keadaan  sehat dan tidak mengalami morning  sickness dan komplikasi kehamilan lainnya,” ungkap Marwati kepada Paragram.id.

Namun mengingat perempuan hamil memang kondisinya seringkali rentan, di mana kesehatan menyangkut kondisi dua tubuh sekaligus, ada sejumlah tips puasa untuk ibu hamil yang benar-benar harus diperhatikan. Dengan demikian, puasa yang dijalani tetap lancar dan tidak mengganggu kesehatan ibu dan calon bayi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Persiapan Sebelum Puasa

Marwati, Ners, M.Kep. (Doc. Pribadi)

Melakukan persiapan yang baik bisa membantu kelancaran selama melakukan ibadah di bulan Ramadan. Dalam hal ini, penting sekali bagi para ibu hamil untuk melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan. Selain itu, konsumsi vitamin tertentu mungkin diperlukan agar calon bayi tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

“Melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan sebelum memutuskan untuk puasa,selain itu selalu memastikan kebutuhan gizi dan cairan tetap terpenuhi sesuai usia dan kondisi kehamilan,” ungkap Marwati.

2. Dos and Don’ts yang Harus Diperhatikan

Tips Puasa untuk Ibu Hamil (via Alodokter)

Jika ibu hamil ingin berpuasa, dia wajib menjaga berat badan ideal  (tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus) dengan asupan nutrisi yang cukup. Jangan lupa terus memantau gerakan janin selama puasa, serta rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Selain itu, jangan sampai memaksakan diri jika terdapat gejala yang tidak baik selama berpuasa. Jangan melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan kelelahan, serta hindari kondisi tubuh yang kurang hidrasi saat sahur. Perhatikan pola tidur dan jangan sampai kurang istirahat.

3. Asupan Makanan

Tips Puasa untuk Ibu Hamil (via Hai Bunda)

Saat berpuasa, ibu hamil wajib mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, memperbanyak protein hewani, karbohidrat, buah, dan sayur. Penuhi cairan tubuh dengan minum air putih 8-12 antara waktu berbuka dan sahur. Jika perlu, konsumsi tablet tambah darah dan vitamin yang dianjurkan dokter secara teratur.

4. Kondisi Ibu Hamil yang Dilarang Berpuasa

Ibu hamil diperbolehkan berpuasa jika kondisi tubuhnya cukup memenuhi syarat kesehatan. Sementara itu, sebaiknya hindari berpuasa jika ibu hamil mengalami kondisi seperti diabetes mellitus, anemia, morning sickness pada kehamilan pertama, gangguan pencernaan seperti maag, serta rentan dehidrasi.

5. Tips Sehat dan Bugar Saat Puasa

Tips Puasa untuk Ibu Hamil (via CNN Indonesia)

Marwati menjelaskan bahwa hal paling penting yang harus dilakukan ibu hamil selama berpuasa adalah menjaga kondisi tubuh tetap prima dengan cara menghindari hal-hal yang bisa memicu gangguan kesehatan. 

“Ibu hamil harus istirahat yang cukup dan usahakan tidak melewatkan santap sahur. Konsumsi juga makanan gizi seimbang, hindari makanan tinggi gula. Jangan lakukan aktivitas berat dan rutin konsultasi dengan dokter kandungan,” jelas Marwati.

Hal yang perlu ditekankan, pelaksanaan ibadah puasa bagi ibu hamil pada dasarnya aman jika kondisi tubuh benar-benar memenuhi syarat kesehatan. Karena itu, jika kamu tak ingin ketinggalan momen puasa, konsultasi intensif dengan tenaga kesehatan akan sangat penting dan membantu memantau kondisi kesehatan. Jika ada gejala tertentu, tidak perlu memaksakan berpuasa. Semoga tetap lancar sampai akhir, ya!

Tips Puasa untuk Ibu Hamil (via Mooimom)