Bekal Ramadan: Cara Mengajarkan Anak Berpuasa dengan Mudah dan Tanpa Drama

Mengetahui cara mengajarkan anak untuk berpuasa merupakan bagian penting dari pendidikan agama dalam keluarga Muslim.

Adakah dari kalian yang saat ini sedang berusaha memperkenalkan puasa pada buah hati? Memang, mengajarkan anak untuk berpuasa merupakan bagian penting dari pendidikan agama dalam keluarga Muslim. Namun tak bisa dipungkiri bahwa hal ini tak selalu mudah. Paralovers perlu melakukan pendekatan yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa si kecil memahami dan melaksanakan puasa dengan baik. Agar tidak repot, coba simak cara mengajarkan anak berpuasa berikut ini:

1. Lakukan di Usia yang Tepat

Perlu dipahami bahwa puasa belum diwajibkan bagi anak-anak yang belum mencapai usia pubertas. Namun, mengenalkan anak pada konsep puasa secara bertahap akan membantu memberikan pondasi yang kuat. Lakukan pengenalan sejak usia 6-7 tahun, di mana daya pikir pikir mereka sudah berkembang pesat dan dapat menerima informasi dengan baik. Dengan demikian, ini dapat membantu mereka memahami nilai dan makna dari ibadah tersebut.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via Dancow)

Berikan Pemahaman Tentang Puasa

Selain melakukan di usia yang tepat, pastikan kamu lebih dulu memberikan pemahaman dan informasi tentang puasa. Jelaskan kepada anak tentang arti dan tujuan dari puasa. Ajarkan mereka bahwa puasa adalah bentuk pengendalian diri dan pengorbanan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Terlepas dari itu, puasa juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via Kapanlagi Plus)

3. Lakukan Secara Bertahap

Jangan pernah memaksakan anak melakukan hal baru jika mereka belum siap. Pasalnya, memaksa anak melakukan puasa dengan benar akan membuat mereka kaget dan enggan melakukan puasa ke depannya. Mulailah dengan mengajak anak untuk berpuasa dalam durasi yang singkat, misalnya setengah hari atau beberapa jam di awal bulan Ramadan. Secara bertahap, tingkatkan durasi puasanya seiring dengan bertambahnya usia dan kesiapan anak.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via anakku)

4. Bimbing Anak Melakukan Persiapan

Mengajarkan anak puasa tidak cukup hanya mengajak mereka menahan lapar dan haus. Orangtua juga perlu memberikan dukungan dan bantuan saat anak sedang mempersiapkan puasa. Ajarkan anak tentang persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai puasa, seperti makan sahur, minum air yang cukup, dan berdoa sebelum memulai puasa. Bantu semaksimal mungkin, namun jangan lupa tetap menerapkan kemandirian dalam diri mereka.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via CNN Indonesia)

5. Jadilah Contoh yang Baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua mereka. Oleh karena itu, tunjukkan kepada mereka contoh yang baik dengan melaksanakan puasa dengan penuh kesabaran dan ketulusan. Lakukan puasa dengan tertib sehingga mereka terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via Optika)

6. Buat Kegiatan yang Menyenangkan

Ciptakan suasana yangmenyenangkan selama bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan anak, seperti berbuka puasa bersama, menghadiri ceramah agama, atau melakukan aktivitas kreatif yang terkait dengan Ramadan. Kamu juga bisa mengajak buah hati menyiapkan menu puasa yang seru bersama buah hati.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via Parenting)

7. Berikan Apresiasi

Apresiasi akan mendorong anak untuk melakukan hal yang lebih baik di masa depan. Karenanya, jangan ragu memberikan pujian dan apresiasi kepada anak ketika mereka berhasil menyelesaikan puasa mereka dengan baik. Ini akan memberikan motivasi bagi mereka untuk terus melaksanakan puasa dengan penuh semangat.

Demikian beberapa tips dan cara mengajarkan anak berpuasa yang bisa dicoba. Hal ini jelas bukanlah tugas yang mudah, namun dengan pendekatan yang tepat dan kesabaran yang cukup, anak dapat memahami dan melaksanakan puasa dengan baik. Penting bagi orang tua untuk memberikan dukungan dan bimbingan yang cukup selama proses ini, serta menjadikan pengalaman berpuasa sebagai momen yang berkesan dan bermakna bagi anak-anak.

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa (via Alodokter)