Simak Baik-Baik! Ini 4 Hal yang Dinilai HRD Saat Interview Kerja

Sebagai pelamar wajib tahu hal-hal yang dinilai HRD saat interview kerja agar kamu bisa lolos menjadi kandidat karyawan yang terpilih.

Interview atau wawancara  kerja merupakan bagian yang menentukan dalam proses perekrutan karyawan baru dalam sebuah perusahaan. Karena itu, sebagai pelamar wajib tahu hal-hal yang dinilai HRD saat interview kerja agar kamu bisa lolos menjadi kandidat karyawan yang terpilih.

Perlu diketahui, pada tahap interview kerja, HRD akan menilai calon karyawan yang melamar apakah dia sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak. Tidak jarang HRD mengajukan pertanyaan menjebak yang membuat pelamar kebingungan untuk menjawabnya. Agar kamu lolos interview kerja dan berhasil diterima di perusahaan yang kamu incar. Coba simak baik-baik hal-hal apa saja yang dinilai HRD saat wawancara.

1. Pengambilan Keputusan

Mengutip laman Hired Today, hal pertama yang dinilai dalam interview kerja adalah kemampuan pelamar dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi yang dikumpulkan. Biasanya dari jawaban yang dipaparkan pelamar, HRD bisa melihat apakah si pelamar bisa mengambil keputusan dengan benar atau tidak.

2. Teamwork

Interview Kerja (via Ruparupa)

Selain pengambilan keputusan, HRD juga akan menilai seberapa jauh pelamar bisa bekerja sama dengan orang-orang disekitarnya. Indikator yang digunakan bisa dilihat dari kemampuannya dalam menerima, membagi, dan menjalankan sebuah informasi. Selain itu, HRD juga akan menilai kemampuan teamwork pelamar dari kemampuannya berkomunikasi dan bagaimana cara pelamar menjalin kerja sama dengan timnya.

3. Etika Kerja dan Motivasi

Interview Kerja (via Kompas Money)

Selanjutnya, HRD juga akan menilai pelamar dari etika dan motivasinya dalam bekerja. Meski seseorang memiliki kemampuan yang sama dengan pelamar lainnya, tetapi etika kerja di masa lalu bisa menjadikannya berbeda. Hal tersebutlah yang menjadi nilai plus saat bekerja. Pasalnya, etika kerja yang baik secara tidak langsung akan memengaruhi motivasi kerja seseorang untuk terus maju dan berkembang.

4. Mampu Diandalkan dalam Memecahkan Masalah

Interview Kerja (via Vocasia)

Terakhir, HRD juga akan menilai apakah si pelamar termasuk karyawan yang dapat diandalkan dalam memecahkan masalah atau tidak. Sebagai informasi, pelamar yang saat wawancara menceritakan dirinya mampu mengambil tanggung jawab penuh untuk pekerjaannya biasanya akan dinilai lebih baik. Dengan begitu, HRD akan melihat seberapa besar komitmen pelamar dalam bekerja.

Selain itu, HRD juga akan senang jika bertemu dengan pelamar yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengatur semua informasi yang relevan, mengidentifikasi hubungan sebab-akibat, dan dapat memberi solusi dari sebuah masalah.

Setelah tahu apa saja hal-hal yang dinilai HRD saat interview kerja, sebaiknya persiapkan mulai dari sekarang. Dengan begitu, saat menghadapi wawancara  kerja, kamu sudah nggak kaget lagi. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Interview Kerja (via Dokodemo-Kerja)