Nggak Perlu Gengsi, Ini 4 Alasan Kamu Harus Membeli Produk Lokal

Sebenarnya, kamu punya banyak alasan membeli produk lokal, salah satunya demi peningkatan perekonomian dalam negeri.

Produk luar negeri memang sering menawarkan model-model terbaru dengan warna-warna yang memukau. Jadi nggak heran kalau produk mancanegara selalu berhasil mencuri perhatian.

Namun sebenarnya, kamu masih punya banyak alasan membeli produk lokal, salah satunya demi peningkatan perekonomian dalam negeri. Nah, selain bisa meningkatkan perekonomian dalam negeri, kira-kira alasan apalagi yang bisa membuat kamu membeli produk dalamnegeri?

1. Mendukung UMKM

Mengutip laman surakarta.go.id, salah satu alasan kenapa kamu harus membeli produk lokal adalah sebagai bentuk kepedulian atas usaha UMKM yang ada di Indonesia. Membeli produk mereka sama saja kamu sudah membantu memajukan UMKM dan perekonomian Indonesia.

Dengan begitu, para UMKM bisa memiliki peluang lebih besar untuk berinovasi, berkreasi, dan berkembang menjadi lebih baik lagi.

2. Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan

Alasan Membeli Produk Lokal (via JakartaNotebook)

Selain membuat UMKM semakin berkembang, peningkatan permintaan produk lokal akan membuat UMKM membutuhkan banyak tenaga kerja untuk memproduksi produk buatannya. Otomatis akan ada banyak lapangan pekerjaan yang terbuka bagi mereka yang membutuhkan. Jadi angka pengangguran juga bisa semakin berkurang.

3. Harga Murah Kualitas Berkelas

Alasan Membeli Produk Lokal (via AcerID)

Saat ini tidak sedikit produk UMKM yang memiliki kualitas sama seperti produk luar negeri. Dengan membeli produk lokal, maka kamu bisa mendapatkan produk yang kualitasnya setara dengan produk luar negeri, tetapi dengan harga yang lebih murah. Jadi kamu bisa menghemat lebih banyak uang, kan?

4. Produk Lokal Semakin Dikenal

Alasan Membeli Produk Lokal (via Arenga Indonesia)

Semakin banyak orang yang memakai suatu produk, maka merk produk tersebut akan semakin terkenal. Hal yang sama juga akan terjadi kalau kamu mau membeli produk lokal. Semakin banyak peminat produk UMKM, maka produk-produk dari UMKM akan semakin terkenal pula.

Jadi mulai sekarang sudah tahu kan berbagai alasan membeli produk lokal? Jangan ragu lagi, karena kualitasnya sama. Kamu nggak perlu gengsi. Yuk, majukan UMKM Indonesia!

Alasan Membeli Produk Lokal (via Mekari Jurnal)