Paragram Ngopi: Review Welcome to Saldam-ri, Cinta Masa Kecil Yang Terpisah Karena Beda Mimpi

Paragram Ngopi kali ini membahas drama Welcome to Saldam-ri yang dibintangi Ji Chang Wook dna Shin Hye Sun.

Buat kalian yang suka drama Korea Selatan (Drakor) yang mempunyai vibes seperti Hometown Cha-Cha-Cha (2021) dan Once Upon a Small Town (2022), drakor terbaru Netflix berjudul Welcome to Samdal-ri ini mungkin bisa menjadi rekomendai baru buatmu. 

Sejak episode pertama, vibes Welcome to Samdal-ri terlihat seperti perpaduan antara drama Korea Hometown Cha Cha Cha dan Once Upon a Small Town. Kedua drama ini juga berlatar di sebuah desa kecil dengan keramaian ala warga desa yang hangat.

Budaya gotong royong mereka juga begitu kuat. Kisah dari drama ini pun dinilai relate dengan keseharian penonton di belahan dunia manapun. Sebenarnya seperti apa cerita Welcome to Samdal-ri? Simak pembahasanya di Paragam Ngopi, atau Paragram Ngomongin Film berikut!

Welcome to Samdal-ri merupakan proyek yang menampilkan Shin Hye Sun dan Ji Chang Wook yang sudah lama dinanti. Drama ini mengikuti kisah Cho Sam Dal (Shin Hye Sun) dan Cho Yong Pil (Ji Chang Wook) yang dianggap bak pinang dibelah dua karena punya segudang persamaan. 

Tidak hanya lahir di tanggal dan tempat yang sama, ibu keduanya juga punya profesi yang sama sebagai haenyeo atau penyelam perempuan di Pulau Jeju. Sejak kecil sampai dewasa, keduanya tidak terpisahkan. Hingga akhirnya, mereka menyadari perasaan romantis satu sama lain.

Namun, hubungan mereka merenggang setelah Sam Dal memilih untuk melanjutkan mimpi ke Seoul sebagai fotografer. Dia pun mengubah namanya menjadi Cho Eun Hye. Sementara, Yong Pil tetap tinggal di Pulau Jeju dan berkarier sebagai ahli cuaca di Badan Meteorologi setempat.

Vibes Drama Welcome to Samdal-ri Mirip Hometown Cha-Cha-Cha (Berbagai Sumber)

Namun hidup Sam Dal yang sukses berubah drastis saat dia mendapat tuduhan hingga harus kehilangan pekerjaan. Dengan citra yang buruk, Sam Dal memilih pulang ke desa untuk memulihkan hidupnya yang terpuruk. Tak disangka, dia dipertemukan kembali dengan Cho Yong Pil.

Sebenarnya, tidak ada yang terlalu spesial dari premis Welcome to Samdal-ri. Sebab kisahnya hanya berfokus pada pertemuan dua insan yang bertahun-tahun terpisah. Seperti kisah romansa umumnya, drama ini menyajikan cerita tentang dua hati yang masih mencintai, tapi berpisah karena suatu perbedaan.

Meski begitu, drama Netflix bergenre romantis komedi ini menawarkan kisah manis yang relate untuk semua kalangan yang pernah merasakan jatuh cinta. Meski premisnya bisa dibilang biasa saja, tapi drama ini tetap punya nilai lebih buat dijadikan tontonan.

Poster Drama Korea Welcome to Samdal-ri (Instagram)

Drama sejenis ini seringkali memiliki ciri khas tertentu, seperti cerita yang ringan, penuh kehangatan dan umumnya punya pesan positif. Mereka sering mengeksplorasi tema keluarga, cinta dan kehidupan sehari-hari, dengan fokus pada nilai-nilai moral dan optimisme.

Jadi tidak heran kalau drama ini langsung mencuri atensi begitu ditayangkan. Bahkan sampai episode terakhirnya yakni episode 16, Welcome to Samdal-ri meraih rating tinggi mencapai 12,3. Jadi bisa disimpulkan, Welcome to Samdal-ri juga bisa dijadikan tontonan untuk mengisi waktu.

Pemeran Utama Drama Welcome to Samdal-ri (Instagram)