5 Tahun Berlalu! Gini Kabar 7 Artis Yang Terseret Kasus Burning Sun, Hampir Semua Kembali Berkarier

Kabar 6 artis yang terseret dalam kasus Burning Sun setelah 5 tahun berlalu, ada yang masih di penjara.

Tahun 2018 merupakan salah satu momen yang kelam bagi para pecinta K-Pop. Bagaimana tidak, di tahun tersebut, mereka dikejutkan dengan kasus Burning Sun yang akhirnya menyeret tujuh artis populer. Bahkan ada dari mereka yang sampai menjalani hukuman penjara.

Kejadian ini bermula setelah seorang pria bernama Kim Sang Kyo mengaku diserang di Burning Sun, sebuah klub di Gangnam yang diketahui milik mantan member BIGBANG, Seungri pada 24 November 2018, setelah dia turun tangan membantu wanita yang mengalami pelecehan seksual.

Setelah pertengkaran ini terjadi, dilakukan serangkaian investigasi terhadap Burning Sun dan akhirnya mengungkap jaringan kejahatan Seungri yang saling berhubungan. Salah satunya terbongkar grup chat yang kerap membagikan video seks ilegal yang diambil diam-diam.

Yang menghebohkan, grup tersebut berisi para selebriti. Setelah lima tahun berlalu, publik kini mempertanyakan nasib dari artis-artis yang terseret dalam kasus Burning Sun tersebut. Berikut sudah dirangkum kabar dari 7 artis yang ikut terdampak karena skandal Burning Sun.

1. Seungri

Seungri dibebaskan lebih awal dari penjara pada 7 Februari 2023. Sebelumnya, Seungri menerima hukuman 3 tahun penjara atas sembilan dakwaan termasuk diantara kasus prostitusi, kebiasaan hingga penggelapan pajak. Meski dalam putusan Seungri didakwa hukuman selama 3 tahun, tapi baru menjalani 18 bulan, dia sudah dinyatakan bebas.

2. Jung Joon Young

Seungri Eks BIGBANG (X/Twitter)

Berbeda dari Seungri, Jung Joon Young masih mendekam di dalam penjara karena dia harus menjalani hukuman enam tahun hingga 2025. Dia merupakan pelaku utama yang memperkosa seorang gadis dan merekam ulahnya hingga membagikan pada teman-temannya yang akhirnya ikut terseret ke dalam kasus ini.

3. Choi Jonghoon

Jung Joon Young (Tribunnews)

Mantan member FTISLAND yakni Choi Jonghoon menjalani hukuman 2,5 tahun dan sudah bebas pada November 2021 karena ikut serta dalam pemerkosaan yang dilakukan Joon Young. Agensi Jonghoon mengabarkan sang artis kini ikut sang ibu melakukan pelayanan di gereja.

Baru-baru ini dilaporkan bahwa Choi Jonghoon bergabung dengan platform Jepang, Fanicon dan menyatakan keinginannya kembali ke dunia hiburan. Dia juga berharap agar para penggemarnya bisa terus mendukung aktivitasnya di masa depan.

4. Yong Junhyung

Choi Jonghoon (X/Twitter)

Mantan member HIGHLIGHT, Yong Junhyung ikut terseret dalam skandal ini karena ikut menonton video asusila yang dibagikan Jung Joon Young. Namun, dia tidak ikut didakwa. Meski terbebas dari vonis, karier Junhyung redup dan dia baru kembali November 2022 lalu lewat album solo 'Loner' yang dirilis di bawah agensi bentukannya sendiri.  

5. Lee Jonghyun

Yong Junhyung (Allkpop)

Sama seperti Junhyung, Lee Jonghyun juga memutuskan keluar dari grupnya, CNBLUE usai terseret dalam kasus grup chat tersebut. Jonghyun sendiri sempat menyangkal sebelum akhirnya mengaku kalau dia sempat ikut menonton video seks dalam grup tersebut. Walaupun erbebas dari hukuman, tapi kariernya tenggelam. Kini dia memilih menghilang dari dunia media sosial. 

6. Eddie Kim

Lee Jonghyun (Koreaboo)

Artis Eddie Kim sempat didakwa membagikan dan melihat video asusila Yong Junhyung, namun akhirnya tidak terbukti. Dia hanya hanya membagikan foto asusila dari internet yang berbeda dari kasus utama. Namun, Eddie Kim harus menahan malu dan memilih hiatus selama dua tahun, sebelum akhirnya kembali dengan merilis lagu baru bersama Yoon Jong Shin.

7. Roy Kim

Eddie Kim (Soompi)

Solois, Roy Kim sempat mendapat tudingan sama seperti yang dilakukan Eddy Kim. Namun ternyata, dakwaan itupun tidak terbukti. Setelah namanya bersih, Roy Kim pun kembali ke dunia musik pada 2020, sebelumnya masuk wajib militer di angkatan laut hingga Oktober 2022 lalu.

Roy Kim (Kompas)