Biar Nggak Jadi Pengangguran, Ini 3 Manfaat Bekerja Sebelum Lulus Kuliah

Sebelum lulus kuliah sebaiknya memang memiliki pekerjaan terlebih dahulu agar tidak menganggur. Lalu, apa saja manfaatnya?

Bekerja setelah lulus kuliah adalah hal yang biasa dilakukan banyak orang. Alasannya agar jam kerja tidak mengganggu fokus belajar di bangku kuliah. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat jika mahasiswa mau bekerja sebelum lulus kuliah.

Menjadi mahasiswa S1 bukan berarti kegiatannya full belajar di kampus seharian. Padahal mahasiswa sebenarnya memiliki banyak waktu luang untuk berkegiatan lainnya, seperti berorganisasi, magang, studi independen, asistensi, atau bahkan bekerja

Nah, daripada bingung nggak melakukan apa-apa di rumah, lebih baik kamu bekerja saja saat senggang di tengah waktu tidak ada perkuliahan. Dijamin hal tersebut akan berdampak sangat baik saat kamu sudah lulus nanti. Kalau begitu, apa saja manfaat yang bisa kamu dapat jika kamu bekerja sebelum lulus kuliah? Berikut ini beberapa daftarnya seperti dikutip dari laman Binus Online.

1. Memiliki Pengalaman Kerja Lebih Banyak

Bekerja sebelum lulus kuliah akan membuat kamu memiliki pengalaman kerja sesungguhnya. Dalam CV atau resume kamu nantinya akan ada banyak pengalaman kerja yang sudah pernah kamu lakukan. Tentu saja ini akan menjadi nilai lebih, mengingat saat ini persaingan saat mencari kerja begitu ketat.

Manfaat Bekerja Sebelum Lulus Kuliah (via Kampus Budi Bakti)

2. Mudah Beradaptasi dengan Dunia Kerja

Banyak orang bekerja setelah lulus kuliah merasa shock dengan apa yang dia hadapi di dunia kerja sesungguhnya. Bahkan banyak yang cepat resign, bergonta-ganti pekerjaan, atau pensiun dini lantaran tidak kuat menghadapi suasana kerja yang jauh berbeda pada saat kuliah.

Maka dari itu, bekerja sebelum lulus kuliah akan membuat kamu mudah beradaptasi dengan dunia kerja. Kamu sudah terbiasa dengan tekanan yang ada atau budaya dan etika di dunia kerja yang profesional, sehingga kamu bisa enjoy kerja di mana saja.

Manfaat Bekerja Sebelum Lulus Kuliah (via Beautynesia)

3. Punya Penghasilan Sendiri

Manfaat terakhir bekerja sebelum lulus kuliah adalah kamu bisa memiliki penghasilan sendiri. Dengan begitu, kamu bisa membayar semua kebutuhan kuliah dan berbagai hal lain yang kamu inginkan dengan uangmu sendiri.  Kamu juga bisa menabung untuk kebutuhan pribadi atau untuk jenjang pendidikan lebih tinggi kalau kamu memang menginginkannya. Nggak merepotkan orang tua lagi kan?

Wah, ternyata cukup banyak ya manfaat bekerja sebelum lulus kuliah. Kamu bisa menggunakan ijazah SMA kamu ketika melamar pekerjaannya dan mengisi CV dengan pengetahuanmu selama ini ketika kuliah. Setelah lulus, barulah kamu bisa melamar di tempat lain lagi dengan ijazah terbaru dan posisi yang lebih baik.

Manfaat Bekerja Sebelum Lulus Kuliah (via CNN Indonesia)