4 Bahaya Olahraga Malam yang Jarang Disadari, Bisa Picu Serangan Jantung Lho!

Kamu perlu tahu beberapa olahraga malam yang tanpa disadari membahayakan, bahkan bisa memicu serangan jantung. Apa saja itu?

Setiap orang memang dianjurkan untuk berolahraga setiap hari untuk menunjang kebugaran tubuh. Namun karena kesibukan, banyak orang yang lebih memilih berolahraga ketika malam setelah pulang kerja. Padahal bahaya olahraga malam itu nyata dan tidak main-main akibatnya. Nah, buat kamu yang selama ini lebih memilih untuk berolahraga di malam hari. Yuk, ketahui bahayanya berikut ini dan segera hindari ya!

1. Gangguan Tidur

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan suhu tubuh, metabolisme, detak jantung, dan aliran darah. Padahal agar bisa tidur, seseorang membutuhkan kondisi tubuh yang rileks. Jika kamu berolahraga di malam hari, otomatis kamu akan mengalami kesulitan tidur setelahnya, karena badanmu masih merasakan ketegangan dan waktu istirahatmu akan berkurang.

2. Memicu Serangan Jantung

Bahaya Olahraga Malam (via Kompas Health)

Selain mengganggu jam tidur, berolahraga di malam hari juga bisa memicu gangguan kesehatan. Terlebih jika kamu tidak melakukan aktivitas lain setelah berolahraga, proses pembakaran kalori menjadi tidak efektif. Selain itu, tubuh yang dipaksa berolahraga setelah beraktivitas seharian hanya akan menyebabkan tekanan darah naik seketika. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya risiko serangan jantung.

3. Potensi Bahaya Lebih Tinggi

Bahaya Olahraga Malam (via detikHealth)

Selanjutnya, berolahraga di malam hari juga dapat menimbulkan masalah yang lebih berbahaya. Jika kamu berolahraga di luar ruangan, seperti bersepeda atau jogging, dikhawatirkan kamu akan tersesat karena kurangnya pencahayaan. Selain itu, risiko orang jahat juga lebih banyak saat malam. Belum lagi ketika kamu tiba-tiba mengalami cedera, seperti kram atau jatuh. Tentu akan lebih sulit mencari bantuan saat malam hari.

4. Mengurangi Variasi Jenis Olahraga

Bahaya Olahraga Malam (via Lifestyle Kompas)

Terakhir, olahraga di malam hari juga akan membuat kamu tidak bisa melakukan banyak jenis variasi olahraga. Hal ini bisa disebabkan oleh cuaca, penerangan, atau lainnya. Jika terus-menerus berolahraga saat malam hari, kamu jadi hanya bisa melakukan olahraga yang itu-itu saja setiap hari.

Olahraga memang menyehatkan, tetapi kamu wajib memahami terlebih dahulu bahaya olahraga malam yang sudah disebutkan tadi. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhati-hati dan memilih waktu yang tepat agar tidak sampai mengganggu jam istirahat.

 

Bahaya Olahraga Malam (via detikcom)