Punya Taman Air Terbesar se-Asia Tenggara, Ini Fakta-Fakta Menarik Kota Purwakarta

Ada berbagai fakta menarik dari Kota Purwakarta, seperti memiliki taman air terbesar se-Asia Tenggara. Kira-kira apa saja ya faktanya?

Fakta Kota Purwakarta memang menarik untuk dikaji. Pasalnya, kota yang terkenal dengan kuliner sate maranggi ini, memiliki sejumlah tempat dan juga kesenian yang nggak bisa kamu temukan di kota lain.

Sebagai informasi, dulunya kota ini mendapat julukan sebagai kota pensiun. Namun, julukan tersebut rasanya saat ini sudah tidak berlaku lagi. Sebab, pemerintah setempat telah mengubah Purwakarta menjadi kota yang luar biasa. Lantas, apa saja fakta Kota Purwakarta yang berbeda dari kota-kota lainnya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Air Mancur Terbesar se-Asia Tenggara

Tahu nggak sih, kalau di Purwakarta terdapat taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara bernama Air Mancur Sri Baduga. Air mancur yang berada di Situ Buleud ini memiliki luas sekitar 4 hektare dan telah berdiri sejak zaman dulu. Setidaknya terdapat 1000 selang air mancur bertekanan tinggi di Situ Buleud dan 30 selang air mancur yang dapat menari. Tepat di tengah air mancur, dibangun patung Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi dengan posisi duduk bersila dan dikawal empat harimau putih.

Fakta Kota Purwakarta (via Republika)

2. Kesenian Bela Diri Berbau Islami

Kesenian bela diri pencak silat memang sudah cukup terkenal di Indonesia. Berbeda dengan pencak silat di kota lain,  di sini kesenian bela diri ini disandingkan dengan musik terebang yang berkembang saat islam disebarluaskan di Banten. Bahkan, setiap gerakan silatnya mengandung unsur islami.

Fakta Kota Purwakarta (via Cakaplah.com)

3. Hotel Gantung Tertinggi di Dunia

Hotel di pusat kota tentu adalah hal yang biasa. Di Purwakarta terdapat hotel gantung yang letaknya berada di pinggir tebing batu. Meski terlihat mengerikan, tetapi hotel gantung di Gunung Parang ini cukup banyak diminati, lho. Para pengunjung penasaran ingin merasakan sensasi menginap di dinding gunung.

Hotel gantung dengan tinggi 500 meter yang dibuat oleh para pecinta olahraga panjat tebing ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia. Bahkan rekor ini sudah mengalahkan skylodge di Peru yang terletak pada ketinggian 400 meter. Keren banget, kan?

Fakta Kota Purwakarta (via Liputan6.com)

4. Gudangnya Wisata Sejarah dan Budaya

Jika ingin menikmati wisata sejarah dan budaya, Purwakarta adalah tujuan yang sangat direkomendasikan. Di sini ada beberapa situs bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Batujaya, Batu Tulis, Linggarjati, Makam Prabu Geusan Ulun, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada beberapa festival dan kegiatan budaya yang unik dan memperkaya wawasan pengunjung.

Wah, beberapa fakta Kota Purwakarta tadi memang benar-benar luar biasa, ya. Nggak heran kalau Purwakarta kini menjadi kota yang tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal, tetapi wisatawan mancanegara juga banyak yang memilih Purwakarta sebagai tujuan wisata.

Fakta Kota Purwakarta (via Bisnis)