3 Kampung di Indonesia Ini Ternyata Dipenuhi dengan Janda, Salah Satunya Bogor!

3 Kampung di Indonesia Ini Ternyata Dipenuhi dengan Janda, Salah Satunya Bogor!

Indonesia ternyata punya berbagai kampung yang dihuni oleh para janda lho. Beberapa lokasinya bahkan punya julukan kampung janda.

Kebanyakan mayoritas penduduk di kampung tersebut adalah wanita yang ditinggal suaminya karena cerai atau meninggal dunia.

Menurut beberapa sumber, berikut ini adalah ketiga kampung di Indonesia yang penuh dengan janda.

# Desa Cibarayut

Desa ini berlokasi di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Desa Cibarayut juga mendapatkan julukan berupa Kampung Janda.

Masyarakat di desa itu kebanyakan diisi oleh kaum wanita yang ditinggal meninggal dunia oleh suaminya. Sedangkan para laki-laki di sana bekerja sebagai penambang pasir yang punya resiko besar dalam keselamatannya.

Selain itu, banyak juga wanita di sana yang menikah muda. Lalu para suami meninggal dunia lantaran pekerjaannya yang sebagai penambang pasir sehingga para wanita di sana banyak yang menyandang status sebagai janda.

# Kampung Janda Batuah

Beberapa kampung di Indonesia yang dipenuhi janda (kompas.com)

Sekitar 90 persen janda di Kampung Janda Batuah , Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan akibat ditinggal mati oleh pasangannya.

Mereka memutuskan untuk tidak menikah lagi dan bertahan hidup mencari nafkah untuk menghidupi diri sendiri dan keluarganya. Mayoritas janda yang berada di kampung tersebut berusia 50 tahun ke atas. Namun ada pula sebagian yang masih berusia sekitar 25 tahun.

# Kompleks Arbain Pasuruan

Terakhir adalah Kompleks Airbain Pasuruan  Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur  yang dihuni sekitar 40 wanita janda.

Tinggal di kompleks Airbain, para warganya tak dikenakan biaya sewa melainkan hanya diminta membayar listrik. Tetapi para janda di sana harus menyertai berkas-berkas serta punya latar belakang yang jelas.

Beberapa kampung di Indonesia yang dipenuhi janda (kumparan.com)