Ini Alasan Harga Tiket Bioskop Naik Tiap Akhir Pekan

Harga tiket bioskop naik tiap akhir pekan. Tau gak sebabnya?

Harga tiket bioskop naik setiap akhir pekan. Tentu meskipun harga tiket naik namun banyak orang tetap datang ke bioskop untuk menonton film-film. Kira-kira apa saja penyebab harga tiket bioskop naik setiap akhir pekan? Apakah dipengaruhi oleh permintaan tiket yang melonjak?

Faktor pertama karena permintaan pasar. Tiap akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu adalah hari libur. Maka banyak orang yang datang ke bioskop untuk menonton film dibandingkan hari-hari biasa. Banyaknya orang yang datang ke bioskop membuat pihak bioskop menaikkan harga tiket dengan harapan bioskop mendapatkan pemasukan yang besar, untuk menutupi pemasukan sedikit pada hari biasa.

Strategi pemasaran atau marketing juga menjadi faktor penentu. Banyak bioskop yang memiliki program promosi menonton bioskop dengan harga murah pada hari biasa. Diharapkan orang-orang menonton bioskop pada hari-hari biasa bukan akhir pekan. Namun hal itu juga sulit dilakukan karena aktivitas masyarakat pada hari biasa tak sempat menonton film di bioskop. Makanya mereka banyak yang datang ke bioskop pada akhir pekan.

Satu lagi faktor harga tiket bioskop naik pada akhir pekan karena biaya operasional. Biaya operasional di bioskop sangat tinggi saat akhir pekan karena jumlah pengunjung yang banyak. Hal itu membutuhkan pemasukan yang besar saat akhir pekan. Makanya pihak bioskop menaikkan harga tiket.

Pendapatan bioskop saat akhir pekan sangat besar. Mulai dari harga tiket bioskop yang naik juga pemasukan lain seperti penjualan makanan dan minuman. Hal itu diungkap oleh Dewa Eka Prayoga. YouTuber yang sering mengulas dunia bisnis itu mengatakan bahwa bioskop tidak hanya berjualan lewat film saja. “Industri utama bioskop ya jelas jualan makanan kayak popcorn, minuman, ini yang jarang diketahui banyak orang,” cerita Dewa.

Banyak penonton film bioskop datang untuk mencari hiburan. Mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli tiket bioskop yang berkisar dari harga Rp 40 ribu – Rp 75 ribu. Besar memang namun pendapatan dari tiket bioskop tidak sebesar dari penjualan makanan.  “Harga makanan dan minuman di bioskop banyak yang lebih mahal dibanding harga tiket nonton,” jelas Dewa.

Harga Tiket Bioskop (Kompas.com)

Namun hal tersebut malah tidak sesuai dengan rincian pendapatan bioskop seperti Cinema XXI pada semester I 2023 mencapai Rp 2,4 triliun. Penghasilan itu naik sekitar 22 persen dibandingkan tahun 2022 pada semester I yang mencapai Rp 2 triliun. 

Justru dari total pendapatan justru sekitar 60,2 persen berasal dari tiket bioskop. Sementara untuk penyumbang kedua dari penjualan makanan dan minuman sebesar 35,6 persen, dan sisanya didapatkan dari iklan dan digital platform. Jadi tetap ya strategi harga tiket bioskop naik saat akhir pekan memang jadi pemasukan utama bioskop.

Harga Tiket Bioskop (Grid.ID)