Beda dari Kota Lainnya, Ini 3 Arti Klakson di Bandung

Arti klakson di Bandung ternyata berbeda dari lainnya. Di kota ini klakson memiliki arti lebih dari sekedar memberi peringatan. Kok bisa?

Klakson biasanya digunakan pengendara mobil atau motor di jalan raya untuk mengingatkan atau memberi peringatan pada pengendara lainnya. Namun berbeda dengan arti klakson di Bandung. Di kota ini klakson memiliki arti lebih dari sekedar memberi peringatan. Kok bisa?

Beberapa waktu lalu, sempat viral unggahan video seseorang yang mengaku kalau dia jarang sekali mendengar suara klakson di jalan raya di Kota Bandung. Berbeda sekali dengan jalanan kota besar lainnya yang ramai sekali dengan suara klakson.

Nah, karena jarang sekali terdengar, kira-kira kalau orang Bandung membunyikan klakson kendaraan berarti apa ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ucapan Terima Kasih

Arti klakson di Bandung yang pertama adalah sebagai pengganti kalimat terima kasih kepada orang lain. Orang Bandung membunyikan klakson sebab di jalan raya yang bising, suara manusia akan sulit terdengar oleh orang lain. Karena itu, ketika mereka menerima kebaikan orang lain di jalan, maka klakson bisa dijadikan alat untuk mengucapkan terima kasih.

Arti Klakson di Bandung (via Merdeka)

2. Menyapa Orang Lain

Selain sebagai alat untuk mengucapkan terima kasih, klakson di Bandung juga bisa digunakan untuk menyapa orang lain. Orang Sunda memang terkenal ramah. Karena itu mereka akan saling menyapa saat bertemu, meski berada di atas kendaraan. Nah, agar mereka tidak perlu berteriak saat menyapa di jalan raya, maka klakson bisa dimanfaatkan untuk menyapa pengguna jalan lain yang dikenal.

Arti Klakson di Bandung (via VOI)

3. Permisi

Terakhir, klakson di Bandung juga bisa digunakan untuk mengucapkan permisi. Namun, mengucapkan permisi di jalan raya tentu sangat sulit karena bercampur dengan suara kendaraan lainnya. Untuk memudahkan, maka kamu bisa membunyikan klakson sebagai pengganti ucapan “permisi” yang ingin kamu sampaikan pada orang lain.

Ternyata arti klakson di Bandung memang berbeda dengan kota lainnya ya. Bukan asal bunyi, ada banyak pesan yang tersirat dari alunannya. Kalau di kotamu, bunyi klakson[2] punya arti apa?

Arti Klakson di Bandung (via Tribunnews)