4 Makanan Khas Natal yang Lezat dan Istimewa, Pernah Coba?

Hidangan khas Natal di Indonesia cukup beragam. Mulai dari manis hingga gurih, semua siap memeriahkan perayaan yang digelar setiap tanggal 25 Desember tersebut.

Natal akan segera datang. Namun perayaan istimewa ini tentu belum lengkap kalau nggak menyajikan makanan khas Natal yang lezat dan menggugah selera. Hidangan khas Natal di Indonesia cukup beragam. Mulai dari makanan manis hingga gurih, semua tersaji lengkap dan siap memeriahkan perayaan yang digelar setiap tanggal 25 Desember tersebut. Buat kamu yang bingung mau menyajikan makanan apa saat perayaan Natal, berikut beberapa ide makanan khas Natal yang wajib kamu coba.

1. Ayam Rica-Rica Khas Manado

Makanan khas Natal yang pertama adalah ayam rica-rica khas Manado. Hidangan ini dimasak dengan bumbu cabai dan daun kemangi yang menambah lezat citarasanya. Dijamin, makanan yang satu ini pasti selalu ludes kalau disajikan.

2. Klappertart Khas Manado

Makanan Khas Natal (via Hai Bunda)

Masih dari Manado, selain ayam rica-rica ada juga jajanan manis khas Manado yang bisa digunakan sebagai makanan pembuka, yakni klappertart. Klappertart memiliki rasa manis dan juga gurih dengan tekstur yang lembut. Untuk namanya sendiri, klappertart merupakan bahasa Belanda yang berarti kelapa dan tart dan maknanya adalah kue.

3. Ayam Budu-Budu Khas Makassar

Makanan Khas Natal (via IDN Times)

Selanjutnya, ada juga makanan khas Natal asal Makassar, yakni Ayam Budu-Budu. Makanan yang satu ini dioleh dengan berbagai rempah, seperti perasan jeruk nipis, asam jawa, daun bawang, dan jahe. Karena perayaan Natal biasanya dirayakan saat memasuki musim hujan, dijamin makanan khas Makassar yang satu ini wajib disajikan karena bisa menghangatkan badan.

4. Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Natal (via Suara)

Terakhir, ada Ikan Kuah Kuning asal Manado yang juga nggak mau ketinggalan. Ikan kuah kuning dibuat dari ikan tongkol, ikan tuna, atau ikan muba. Nggak perlu takut amis, sebab ikan-ikan tersebut dimasak menggunakan rempah-rempah dan kunyit, sehingga kuahnya jadi berwarna kuning. Disebutkan, makanan yang satu ini lebih nikmat jika disantap bersama papeda.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Natal yang wajib banget disajikan dan dijamin bisa langsung ludes. Yuk sajikan menu menarik agar momen hangat Natal jadi hal yang tak terlupakan untuk orang dekatmu!

Makanan Khas Natal (via YouTube)