6 Tips Mengasuh Anak Tanpa Stres Agar Keluarga Tetap Harmonis

Agar keluarga tetap harmonis, para orang tua perlu memanajemen stres mereka terutama saat mengasuh anak. Bagaimana caranya?

Mengasuh anak tanpa stres merupakan kebutuhan dan tentunya harapan bagi para ibu baru. Dengan hadirnya buah hati, kamu mungkin merasa terombang-ambing antara tuntutan waktu, kelelahan fisik, dan kekhawatiran akan kualitas pengasuhanmu. Namun, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengurangi stres dan menjaga keseimbangan diri saat mengasuh si kecil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu ibu baru mengasuh anak tanpa stres.

1. Jadwalkan Waktu Berkunjung

Nyatanya, hampir semua orang ingin bertemu dengan si kecil yang baru lahir. Namun, kunjungan tiada henti dari anggota keluarga dapat mengganggu waktu istirahat baik bagi ibu maupun bayi. Kondisi ini bisa membuat ibu kelelahan dan anak menjadi lebih rewel. Oleh karena itu, penting untuk membuat jadwal kunjungan bagi anggota keluarga yang ingin melihat si kecil.

2. Bekerja Sama dengan Pasangan

Cara Mengasuh Anak Tanpa Stres (via POPMAMA.com)

Menjadi ibu baru berarti mempunyai rutinitas baru.. Agar tugas mengasuh anak tidak terasa berat, berkomunikasilah yang baik dengan pasanganmu. Aktif bekerja sama dapat membuat tanggung jawab terbagi adil dan kamu bisa bahagia dan tidak stres saat menjalani peranmu.

3. Cari Dukungan dari Keluarga dan Teman

Cara Mengasuh Anak Tanpa Stres (via Lifestyle Kompas)

Kamu juga bisa meminta bantuan dari keluarga atau teman terdekat. Meminta saran atau waktu untuk bergantian menjaga buah hati agar kamu bisa memenuhi bisa beristirahat. Dalam masa-masa ini, keluarga dan teman terdekatmu dapat menjadi dukungan terkuat yang bisa kamu miliki.

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara Mengasuh Anak Tanpa Stres (via Alodokter)

Memliki gaya hidup sehat nyatanya dapat mencegah stres yang berlebihan. Penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan sehat dan meningkatkan asupan air putih setiap harinya. Kamu perlu perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi seimbang. Dengan begitu, kamu dapat lebih bugar dan memiliki energi yang cukup untuk mengasuh anak dengan baik.

5. Sediakan Waktu untuk Istirahat atau Relaksasi

Cara Mengasuh Anak Tanpa Stres (via Mooimom)

Meskipun sulit, cobalah manfaatkan waktu luangmu untuk istirahat atau berelaksasi. Ketika bayi tidur atau pasanganmu mengasuh anak, gunakan waktu itu untuk melepaskan lelah sejenak. Kamu bisa melakukan hobimu, seperti menggambar atau sekedar membaca buku. Selain itu, kamu juga bisa habiskan waktu luangmu untuk melakukan meditasi, yoga, dan latihan teknik pernapasan, sehingga stresmu dapat tersalurkan dengan baik.

6. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Cara Mengasuh Anak Tanpa Stres (via Hipwee)

Ingatlah bahwa tidak ada ibu yang sempurna. Tidak masalah jika sesekali kamu merasa lelah atau stres. Sebagai ibu baru, banyak hal yang perlu dipelajari perlahan. Karena itu, jangan menuntut diri sendiri secara berlebihan ya.

Setiap ibu memiliki pengalaman yang unik dalam mengasuh anak. Dengan mencoba tips mengasuh anak tanpa stres, kamu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasimu sehingga keluarga juga tetap harmonis. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan jika merasa terlalu terbebani.

Cara Mengasuh Anak Tanpa Stres (via Hai Bunda)