Dulunya Atlet! 5 Aktor Korea Ini Pilih Pensiun Dan Banting Setir Ke Dunia Akting Gegara Cedera

5 Aktor Korea banting setir dari atlet setelah mengalami cedera, salah satunya Nam Joo Hyuk.

Industri hiburan Korea Selatan bukanlah industri yang mudah untuk ditembus. Banyak orang yang sudah mulai berlatih sejak usia muda demi mengejar impian mereka menjadi selebriti. Baik itu akting atau musik, jadi bintang di Korea membutuhkan dedikasi untuk waktu yang lama.

Namun bagi beberapa selebriti, karier hiburan mereka terbilang agak tidak terduga. Ada segelintir dari para aktor yang bersinar saat ini sebenarnya memiliki latar belakang yang jauh berbeda dari dunia hiburan yang mereka tekuni sekarang. Di mana, mereka dulunya seorang atlet. 

Bahkan tak sedikit dari mereka yang sudah jadi atlet profesional. Mereka pun mengalami perubahan karier setelah mengalami cedera. Lantas siapa saja aktor Korea Selatan yang dulunya seorang atlet? Simak daftarnya yang sudah dirangkum di bawah ini.

1. Nam Joo Hyuk

Sudah hampir satu dekade Nam Joo Hyuk menjalani kariernya di dunia hiburan. Namun siapa sangka, kalau cita-citanya semasa kecil bukan jadi aktor melainkan menjadi pebasket profesional. Di tahun ketiga sekolah menegah, Joo Hyuk sempat bergabung dengan tim bola basket.

Namun sebelum dia bisa menjajaki prospek nyata di bidang olahraga tersebut, Nam Joo Hyuk mengalami cedera yang membuatnya harus menjalani dua operasi besar. Hal ini yang membuatnya harus menyerah pada mimpinya sebagai atlet basket profesional.

Meski begitu, aktor kelahiran 1994 itu pernah bekerja sebagai pelatih bola basket paruh waktu. Namun akhirnya, hidupnya berubah setelah memenangkan kontes Top Model. Kemudian, dia menandatangani kontrak eksklusif di bawah agensi model dan akhirnya beralih ke dunia akting.

2. Sung Hoon

Nam Joo Hyuk (Koreaboo)

Sung Hoon merupakan mantan atlet renang sejak duduk di bangku SMA. Sebelum memulai debut, dia adalah pemecah rekor dalam renang gaya kupu-kupu di masa kuliahnya. Namun, Sung Hoon harus memutuskan pensiun setelah beberapa kali operasi untuk cedera tulang belakang yang dialaminya. 

Maka dari itu, pemain drama Perfect Marriage Revenge itu harus merelakan karier atlet yang sudah ditekuninya selama 14 tahun dan melanjutkan kariernya sebagai aktor. Meski begitu, Sung Hoon masih punya aura atlet hingga membuatnya beberapa kali mendapat peran serupa di proyek aktingnya.

3. Choi Hyun Wook

Sung Hoon (Popbela)

Aktor yang belum lama ini jadi perhatian berkat drama Twinkling Watermelon ini merupakan mantan atlet bisbol. Choi Hyun Wook menekuni bidang olahraga tersebut selama 10 tahun sejak duduk di bangku sekolah dasar. Dia bahkan kerap memenangkan kejuaraan semasa sekolah.

Hyun Wook pun melakukan debut sebagai atlet bisbol profesional sekitar 3 bulan setelah masuk SMA. Tapi sayangnya, tak lama setelah debutnya, pria kelahiran 2002 itu harus menjalani operasi dan rehabilitasi karena cedera di bagian siku kanannya. 

Meski cederanya sudah ditangani tim medis, tapi hal itu menimbulkan beberapa batasan fisik untuknya. Akhirnya, Hyun Wook memutuskan berhenti dari bisbol. Choi Hyun Wook kemudian ditransfer ke SMA Hanlim karena ingin menekuni akting.

4. Ahn Bo Hyun

Choi Hyun Wook (Twitter)

Sebelum menjadi aktor, Ahn Bo Hyun adalah seorang petinju handal. Saat masih duduk di bangku menengah, dia sudah banyak menorehkan prestasi. Aktor kelahiran 1988 ini bahkan sempat mewakili kota Busan dan memenangkan medali emas di perlombaan nasional.

Ahn Bo Hyun pun sempat mendapat pengakuan sebagai petinju yang menjanjikan. Namun, dia harus menyerah pada mimpinya dan memilih pensiun. Hal ini karena Ahn Bo Hyun sering mengalami cedera yang membuat orangtuanya khawatir. Setelahnya, Bo Hyun mengejar karier modeling dan akting.

5. Song Joong Ki

Ahn Bo Hyun (YouTube)

Saat muda, Song Joong Ki menekuni bidang olahraga short track speed skating. Dia aktif sebagai atlet sejak duduk di bangku kelas satu SD tapi berhenti saat kelas dua SMP. Selama waktu itu, Joong Ki muncul sebagai atlet yang menjanjikan. 

Dia bahkan pernah terpilih sebagai perwakilan kota kelahirannya, Daejeon dalam tiga kompetisi olahraga nasional. Namun sayangnya, Song Joong Ki harus melepas mimpinya untuk bertanding di Olimpiade Musim Dingin karena cedera lutut yang dialaminya. Dia pun mengakhiri karier sebagai atlet dan fokus belajar sebelum terjun ke dunia akting.

Song Joong Ki (SBS)