Nggak Cuma Keren, Ini Lho Manfaat Bela Diri untuk Perempuan

Bela diri selain keren dan meningkatkan kekuatan bagi perempuan juga ada beberapa manfaat lho. Apa saja kah itu?

Semua pasti tahu kalau manfaat bela diri untuk perempuan adalah untuk pertahanan diri ketika mendapat ancaman berbahaya dari orang lain. Namun, ternyata nggak cuma itu lho. Bela diri untuk perempuan juga bisa bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, mental, dan juga melatih keterampilan lainnya. Kalau kamu masih ragu untuk belajar bela diri, kamu perlu tahu beberapa manfaat bela diri bagi perempuan berikut ini sehingga bisa membuatmu lebih yakin. Apa saja?

1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Belajar bela diri nggak cuma bikin kamu terlihat keren, tetapi rasa percaya diri akan tumbuh dengan baik. Kamu jadi lebih bisa bersosialisasi dengan orang lain, karena kamu menjadi jauh lebih PD dan siap menghadapi berbagai situasi. Tidak hanya itu, kemampuanmu dalam mengendalikan diri juga ikut terlatih lho.

2. Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi

Manfaat Bela Diri bagi Perempuan (via Parapuan)

Seperti dikatakan sebelumnya, dengan belajar bela diri kamu jadi lebih percaya diri sehingga kamu jadi lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, kedekatan antara anggota bela diri juga akan membuatmu memiliki keluarga baru yang siap menyemangatimu ketika sedang malas berlatih.

Selain itu, seringkali kelas bela diri menciptakan lingkungan yang mendukung dan membangun persahabatan dengan sesama peserta, menciptakan rasa kebersamaan. Pelajaran bela diri juga menekankan pentingnya menghormati orang lain, mengembangkan kesopanan, dan menghargai nilai-nilai seperti kesabaran dan kontrol diri. Jadi, kamu bakal bisa memperluas koneksi dan membuat diri semakin berkualitas dan berdaya.

3. Menjaga Kebugaran Fisik

Manfaat Bela Diri bagi Perempuan (via IDN Times)

Berlatih bela diri juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Faktanya, latihan bela diri bisa melatih interval, kardio, dan flesibilitas sehingga daya tahan tubuhmu terbangun optimal. Mengikuti latihan bela diri juga bisa membakar kalori, sehingga kamu bisa menjaga berat badan agar tetap ideal.

4. Menghilangkan Stres

Manfaat Bela Diri bagi Perempuan (via Fimena)

Berlatih bela diri juga bisa membuatmu melepas rasa lelah dan lebih rileks. Suasana hati juga ikut membaik setelahnya.  Hal ini disebabkan selama berlatih, tubuh melepaskan hormo endorfin sehingga stres dapat dihilangkan dengan mudah dan kamu akan lebih santai.

5. Perlindungan Diri

Manfaat Bela Diri bagi Perempuan (via ONE Championship)

Manfaat utama yang tak bisa disepelekan tentunya adalah perlindungan diri. Dalam situasi yang mengancam, pengetahuan tentang bela diri dapat memberikan keberanian dan keterampilan untuk melarikan diri atau melindungi diri sendiri.

Itu adalah beberapa manfaat bela diri bagi perempuan. Tenyata lumayan banyak ya kebaikan ang bisa didapat lewat aktivitas fisik seperti ini. Jadi nggak usah ragu lagi, yuk ikut latihan bela diri dari sekarang dan kembangkan potensi dirimu!

Manfaat Bela Diri bagi Perempuan (via Bogor Today)