5 Makanan Khas Surabaya yang Ikonik Banget, Wajib Banget Dicicipi

Menjadi kota terbesar kedua di Indonesia, beragam makanan khas Surabaya yang menggugah selera ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota ini.

Saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan ini, kamu pasti akan menyadari jika makanan khas Surabaya sangat beragam. Surabaya yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia memang terkenal sebagai surganya kuliner.

Beragam sajian lezat yang menggoda lidah dengan harga yang masih terjangkau bisa ditemui tersebar hingga penjuru kota. Karena itu, luangkan waktu yang cukup panjang jika berencana berkunjung ke Surabaya, untuk mencicipi beragam kuliner berikut ini:

1. Rawon

Rawon adalah hidangan berkuah khas Surabaya yang terkenal dengan kuah hitamnya yang kaya rasa. Kuah rawon berwarna hitam alami karena masakan ini menggunakan kluwek, sejenis biji yang digunakan sebagai bumbu masak.

Daging sapi yang empuk dan bumbu rempah yang meresap dengan taburan bawang goreng/tauge membuat hidangan ini wajib dicoba. Rasanya bakal makin nampol dengan kerupuk dan sambal khas Jawa Timur.

2. Lontong Balap

Makanan Khas Surabaya (via Masak Apa Hari Ini)

Saking ikoniknya, makanan ini sampai menjadi inspirasi lagu daerah Jawa Timur. Lontong balap adalah hidangan yang terdiri dari lontong (nasi yang dibungkus daun pisang) yang disajikan dengan tauge, tahu goreng, dan lentho (kacang yang direndam dengan bumbu semalaman lalu ditumbuk, dikepal dan digoreng.). Semua bahan ini kemudian disiram dengan kuah yang lezat dan ditambahkan bumbu petis serta kecap manis.

3. Rujak Cingur

Makanan Khas Surabaya (via TIMES Indonesia)

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang menggabungkan daging cingur (daging bagian hidung sapi), sayuran segar, buah, tahu, tempe dan lontong. Semua bahan ini dicampur kemudian disiram dengan bumbu petis yang memberikan cita rasa gurih dan pedas yang khas. Rujak Cingur sangat nikmat disantap di siang hari, saat cuaca sedang panas-panasnya.

4. Tahu Tek

Makanan Khas Surabaya (via Pinterest)

Mirip-mirip ketoprak Jakarta, tahu tek adalah hidangan tahu goreng yang disajikan dengan lontong, tauge, dan telur goreng, semuanya dicampur dengan saus kacang dan petis yang kaya rasa. Wajib coba deh!

5. Semanggi Surabaya

Makanan Khas Surabaya (via Kompas)

Semanggi Surabaya adalah hidangan sayur dan bumbu kacang yang berbahan dasar daun semanggi. Semanggi direbus kemudian dicampur dengan tauge lalu disiram dengan saus kacang dan tambahkan kerupuk uli sebagai pelengkap.

Ketika berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas yang menggugah selera ini. Makanan khas Surabaya bukan hanya tentang rasanya yang lezat, tetapi juga tentang warisan budaya yang dapat kamu nikmati saat menjelajahi kota ini. Selamat menikmati petualangan kulinermu di "Kota Pahlawan" Surabaya!

 

Makanan Khas Surabaya (via IDN Times)