Jadi Lebih Teratur, Ini 3 Bahan Alami untuk Melancarkan Menstruasi

Sejumlah bahan alami untuk melancarkan menstruasi ini wajib diminum, terutama untuk perempuan yang setiap bulannya memiliki masalah menstruasi yang tidak lancar.

Sejumlah bahan alami untuk melancarkan menstruasi ini wajib diminum, terutama untuk perempuan yang setiap bulannya memiliki masalah menstruasi yang tidak lancar. Seperti yang diketahui, mentruasi yang teratur umumnya terjadi setiap 28 hari sekali. Sayangnya, tidak semua siklus menstruasi perempuan teratur setiap bulannya.

Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya perubahan tingkat stres, pola makan, dan pola tidur seseorang. Nah, buat kamu yang memiliki jadwal menstruasi tidak teratur, beberapa bahan alami berikut ini sepertinya wajib kamu konsumsi deh. Apa saja?

1. Jahe

Bahan alami pertama yang bisa melancarkan menstruasi adalah jahe. Bahkan jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi darah menstruasi yang keluar berlebihan lho. Tanaman rimpang yang satu ini bisa dikonsumsi secara mentah atau diolah terlebih dahulu untuk diambil ekstraknya. Kamu bisa membuat teh jahe yang dicampur dengan madu dan lemon untuk rasa yang lebih nikmat.

Bahan Alami untuk Melancarkan Menstruasi (via Halodoc)

2. Kayu Manis

Selain jahe, kamu juga bisa mengonsumsi kayu manis untuk melancarkan menstruasi. Mengutip laman HelloSehat, kadar insulin dalam kayu manis cenderung tinggi sehingga dapat mempengaruhi kerja hormon mentruasi dan membuatnya lebih teratur. Untuk mengolahnya, kamu bisa mengonsumsi 500 mg kayu manis yang dicampur dengan teh. Minum tiga kali sehari ya untuk hasil yang maksimal.

Bahan Alami untuk Melancarkan Menstruasi (via Universitas Airlangga)

3. Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang bisa melancarkan menstruasi adalah kunyit. Bahan alami yang satu ini disebut mengandung kurkumin yang membuat siklus haid lebih teratur. Tidak hanya itu, kunyit juga dipercaya dapat mengatasi nyeri haid dan perubahaan mood yang umumnya terjadi saat menstruasi. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menyeduh 2 sendok bubuk kunyit yang dicampur dengan lemon atau madu, agar cita rasanya lebih nikmat.

Demikian beberapa bahan alami untuk melancarkan menstruasi yang bisa kamu coba. Jadi setiap bulan, kamu nggak perlu was-was lagi kan? Jika masalahmu tidak kunjung selesai, coba konsultasikan dengan dokter.

Bahan Alami untuk Melancarkan Menstruasi (via Siloam Hospitals)