Manfaat Makan Pisang Setiap Hari, Ternyata Sebagus Itu!

Manfaat Makan Pisang Setiap Hari, Ternyata Sebagus Itu!

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer, bukan hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Dari menjaga kesehatan penglihatan hingga menurunkan tekanan darah, pisang terbukti menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Pisang memiliki kandungan potasium dan magnesium. Kedua mineral ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan efektivitas arteri. Jika kamu ingin memaksimalkan manfaat ini, pastikan untuk memakan pisang saat sudah matang. Pisang dengan bintik hitam memiliki konsentrasi nutrisi yang lebih tinggi.

Berikut ini manfaat makan pisang setiap hari yang perlu kamu tahu:

1. Meringankan kram otot

Para ahli menemukan pisang tampaknya dapat meredakan kram otot, menjadikannya camilan yang baik untuk dimakan setelah olahraga yang intens. Namun, tidak semua orang dapat memperoleh manfaat tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang tidak melihat adanya perbaikan setelah makan pisang.

2. Menjaga kesehatan otot dan kulit

Pisang mengandung mangan dan magnesium, yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit dan otot. Mangan melindungi kulit dari kerusakan, sedangkan magnesium adalah elemen kunci untuk kontraksi dan relaksasi otot. Magnesium dapat membantu tubuh melepaskan lemak sehingga sangat berguna untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap ramping.

Jenis pisang populer di Indonesia (paltv.disway.id)

3. Mencegah dehidrasi

Para atlet sering kali disarankan untuk makan pisang setelah latihan yang lama dan berat agar tetap terhidrasi. Bukan karena kandungan air dalam pisang, sebaliknya, potasium digunakan untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh manusia, melawan hilangnya elektrolit akibat olahraga yang intens.

4. Menjaga kondisi ginjal

Para ahli menemukan bahwa makan sayur dan buah setiap hari dapat mencegah kondisi seperti kanker ginjal. Pisang sangat baik untuk hal ini, karena mengandung fenolik dalam jumlah tinggi, senyawa yang berasal dari tumbuhan dengan efek antioksidan. Selain itu, buah ini juga bagus dalam mencegah batu ginjal karena membantu tubuh membuang kelebihan kalsium.

5. Mengontrol nafsu makan

Kamu mungkin sudah memperhatikan bahwa pisang merupakan buah yang sangat mengenyangkan. Meski hanya mengandung sekitar 100 kalori, namun efektif mengekang rasa lapar karena kandungan seratnya yang tinggi. Pisang menyediakan sejenis serat yang disebut pati resisten, yang membuatmu kenyang sehingga kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

6. Menurunkan stres dan kecemasan

Pisang memiliki beberapa senyawa yang membantu mengurangi stres sekaligus membantumu tidur lebih nyenyak. Yang paling menonjol, ia mengandung vitamin B9 – nutrisi dengan sifat antidepresan. Pusang juga mengandung triptofan, yang seperti vitamin B6, memiliki sifat merangsang tidur. Triptofan juga mendorong pembentukan serotonin, neurotransmitter yang terkenal dapat meningkatkan suasana hati.

Manfaat makan pisang di tiap tingkat kematangan (x.com)

7. Menyehatkan mata

Degenerasi makula adalah salah satu penyebab paling umum dari gangguan penglihatan dan penglihatan sentral yang kabur. Pisang membantu mencegah penyakit ini dan menyediakan tiga karotenoid berbeda yang kemudian diubah tubuh menjadi Vitamin A, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan matamu.

Kalau manfaatnya sebaik itu, kayaknya wajib banget deh makan pisang tiap hari mulai dari sekarang! Setuju gak?

Snack pisang coklat keju (sehatq.com)