Oleh-Oleh Khas Jogja yang Enak, Bikin Nagih Gengs!

Oleh-oleh khas Jogja yang enak pasti bikin nagih. Mau beli dan beli lagi setiap kali berkunjung ke kota istimewa ini. Apa saja yang bisa diborong? Ini!

Yogyakarta merupakan kota yang nggak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Berbagai destinasi wisata di kota istimewa menyimpan sejarah, keindahan dan keeksotisan. Selain banyak tempat yang instagramable, oleh-oleh khas Jogja yang enak juga banyak. Ini oleh-olehnya!

1. Bakpia

Bakpia jadi ikon Jogja, siapa yang tak kenal kue ini? Hampir seluruh wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti mencarinya. Bakpia terbuat dari tepung terigu yang berisi berbagai macam isian. Paling populer berisi kumbu -kacang hijau. 

Oleh-oleh khas Jogja yang enak ini erat hubungannya dengan budaya Tionghoa. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, terjadi akulturasi dan penyesuaian. Isinya berbagai macam, dari kacang hijau, coklat, keju, matcha, ubi ungu dan lainnya. Yang paling dicari, adalah produk bakpia Kurnia Sari, Bakpia 75, Bakpia 25 dan berbagai produsen lain yang nggak kalah rasanya. 

Bakpia (bonvoyagejogja.com)

2. Geplak

Oleh-oleh khas Jogja yang enak dan nggak kalah tenar sama bakpia adalah geplak. Oleh-oleh yang terasa manis ini terbuat dari kelapa yang diparut kasar dan dicampur dengan gula. Dibuat dengan warna yang cerah sehingga terlihat ceria. Karena rasanya sangat manis, kudapan ini cocok buat menemani kopi atau teh tanpa gula.

Geplak (travelingyuk.com)

3. Salak pondoh

Perkebunan salak pondoh banyak berada di daerah Sleman dan kawasan wisata Kaliurang. Meskipun mudah menemukan salak pondoh di seluruh kawasan wisata,tetapi ada wisata agro yang menjual salak pondoh dipetik langsung dari pohonnya. Salak pondoh punya ciri-ciri ukurannya agak besar dan berkulit tajam. Namun jangan ragukan daging buahnya, daging buahnya terasa manis.

Salak pondoh (youtube.com)

4. Jadah tempe

Jadah tempe tergolong makanan khas yang bisa ditemui di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Oleh-oleh khas Jogja yang enak ini sering ditemui saat pagi hari di kawasan wisata Kaliurang. Saat pagi hari, jadah masih hangat-hangat kuku. Rasa gurihnya pas disandingkan dengan tempe bacem yang terasa manis. 

Suhu di kawasan wisata Kaliurang yang sejuk, tepat jika dengan mengganjal perut makanan yang hangat. Nah, pilih jadah tempe sebagai teman ngopi di pagi hari, sepertinya oke!

Jadah tempe (kooliner.com)

5. Walang goreng

Walang merupakan sebutan untuk hama tanaman, belalang. Oleh-oleh khas Jogja yang enak ini mengandung protein tinggi. Biasanya diolah dengan digoreng kering dan diberi ulekan cabe agar terasa pedas menggigit.

Walang goreng Pak Gareng, dijual di toko-toko oleh-oleh seputaran Jogja. Jadi, nggak perlu takut kehabisan. Makanan ini termasuk makanan khas daerah Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Walang goreng (belalanggoreng.com)

6. Thiwul Yu Tum

Nasi thiwul merupakan makanan pokok yang terbuat dari singkong. Daerah Gunung Kidul yang berkapur bisa jadi tempat terbesar penghasil singkong. Olahan thiwul sekarang bisa jadi oleh-oleh khas Jogja yang enak. Yu Tumirah -atau Yu Tum sejak tahun 1985 mengolah singkong menjadi makanan khas. 

Thiwul bisa dibeli di toko oleh-oleh seputar kota Jogja. Bisa juga menghampiri gerai Yu Tum di Jalan Pramuka no. 36 (sebelah Balai Desa Wonosari), Jalan Baron Km. 4, dan Jalan Wonosari-Jogja Km 3.5 Siyono. Tertarik?

Thiwul Yu Tum (wego.com)